Kepala Desa Rawa Panjang dan BPN Menyerahkan 800 Sertifikat Program PTSL

  • Whatsapp

 33 total views,  1 views today

Globalinvestigasinews.com ■ Kab. Bogor – Acara Penyerahan sertifikat program PTSL (Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap) dilakukan secara simbolis, di Kantor Desa Rawa Panjang Kec. Bojonggede Kab. Bogor, senin (10/12/2019).

Read More

Marulloh. HR Kepala Desa Rawa Panjang dalam sambutannya mengatakan, bahwa hari ini kita para warga, bisa merasa gembira dan bahagia, karena sudah mendapatkan surat tanah (sertifikat), atas program pemerintah pusat.

“Hari ini sudah ada penyerahan atau simbolis dari BPN Kab. Bogor kepada pemilik tanah, semoga kepada warga yang belum selesai dimohon bersabar, adapun keterlambatan ini , karena adanya kekurangan persyaratan yang harus disiapkan oleh warga, padahal awalnya BPN Kab. Bogor sendiri sudah menjanjikan akan selesai dalam jangka 4 bulan, namun karena banyaknya kendala, dan kekurangan maupun perlengkapan, dari persyaratan yang sudah ditentukan BPN Kab.Bogor kepada masyarakat, belum terpenuhi, akhirnya sertifikat tidak dapat diselesaikan sekaligus semua.

Menurut Marulloh. HR Kepala Desa Rawa Panjang, bahwa awalnya Kuota yang didapatkan Desa Rawa Panjang sebanyak 1.500 bidang, namun karena ada beberapa hal atau kendala yang terjadi dilapangan (overlapping), akhirnya sertifikat yang memenuhi syarat yang bisa di selesaikan hanya sebanyak 1.400 bidang, dimana dalam penyerahan tahap pertama yang dibagikan kepada masyarakat adalah sebanyak 800 sertifikat, dan sisanya nanti akan dibagikan dalam tahap selanjutnya.

Mengenai biaya pembuatan sertifikat program PTSL ( Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap) ini, Marulloh. HR Kepala Desa Rawa Panjang menjelaskan, bahwa biaya yang diterapkan Pemerintah Desa sudah sesuai dengan Surat Keputusan Bersama (SKB) tiga Menteri, yakni Menteri Agraria Tata Ruang , Menteri Dalam Negeri, dan Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi yakni sebesar Rp. 150.000,-

“Jadi Pemerintah Desa tidak pernah memerintahkan untuk meminta uang sebesar yang sudah ditentukan oleh SKB tiga Menteri yakni Rp. 150.000,- karena ini sangat berbahaya bagi Pemerintah Desa dan BPN, dan saya tidak menerima itu, kita tahu PTSL ini adalah program Pemerintah dan harus kita jaga, jadi saya tidak mau ada bahasa ini dan itu diluar sana, karena saya sudah ikhlas siang malam bekerja untuk menandatangani kekurangan permohonan sertifikat PTSL para warga,” ungkap Marulloh. HR Kepala Desa Rawa Panjang,

Program PTSL yang dicanangkan Pemerintah Pusat ini, menurut Marulloh. HR Kepala Desa Rawa Panjang, sangat membantu dan meringankan masyarakat, sehingga bagi warga yang memiliki tanah namun belum memiliki sertifikat, akhirnya terbantu atas program PTSL ini. (Hotma Lingga.T)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *