GTT Peringati Maulid Nabi, Diiringi dengan Mengarak Perasapan

  • Whatsapp

 41 total views,  1 views today

Ginews ■ Singkil – Masyarakat Desa Gosong Telaga Timur Kecamatan Singkil Utara Kabupaten Aceh Singkil Peringati Kelahiran Nabi Muhammad SAW, 1441 H.

Read More

Acara peringatan Kelahiran junjungan Alam itu berlangsung di Masjid Darul-Hidayah Desa setempat, Minggu 15/12.

Mulai pukul 07:30 WIB, para masyarakat sudah berkumpul di Masjid setempat, seraya membaca Saraval Anam, Dengan ucapan, Muhammad SAW, dengan mengumandangkan zikir yang dibacakan secara bersama-sama dan dipandu beberapa orang dengan cara bergantian.

Pantauan Media Global Investigasinews.id, Terlihat ratusan wargaasyarakat, para pezikir dan diikuti oleh anak-anak untu mengawali perjalanan mengarak Perasapan mengelilingi Kampung (desa) berjalan kaki. Tanpa terasa diiringi rasa semangat yang tinggi, para pezikir tidak menyadari baha mereka berjalan kaki hampir mencapai ribuan meter mengelilingi Kampung.

Salah seorang warga setempat, Oyong menuturkan, Memperingati kelahiran Nabi Muhammad SAW, dilaksanakan dengan cara tradisi, Mengumandangkan zikir, berkeliling kampung diawali dari Masjid dan Kembali ke Masjid, yang selalu dilaksanakan setiap tahunya sejak ratusan tahun lalu hingga kini masih dipertahankan oleh masyarakat setempat, Dan tidak terpengaruh pada jaman Modern, “ungkapnya.

Antusias masyarakat terlihat sangat tinggi, Tampak kaum Hawa berdiri dihalaman rumahnya dan rela menunggu berjam-jam datangnya para pezikir, melintas mengarakan Perasapan sambil memberikan sedaqah se ikhlasnya.

Pada siang hari acara ditutup dengan kenduri, sambil makan bersama, Panitia sangat sibuk sambil mebagikan nasi pada anak-anak yang hadir, Serta memperhatikan yang lainya agar tidak ada yang terlewatkan dari pembagian nasi.

Turut hadir pada acara tersebut, Camat Singkil Utara, Amril AR SH, Imuem Mukim Gosong Telaga Darlis, Kepala Desa dan Perangkatnya, Pemuda beserta undangan lainya.

*(HTB)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *