Pelatihan yang Membutuhkan Keberanian Besar untuk Mengikutinya

  • Whatsapp

 41 total views,  1 views today

Globalinvestigasinews.com ■ Lampung Utara – Dalam meningkatkan program Sumber Daya Masyarakat (SDM) kepala desa Sumber Arum Bapak Gabriel Bintoro Saputro, SE. Mengadakan pelatihan ” Budidaya Lebah Madu ” didesa Sumber Arum, Kotabumi, Lampung Utara.

Read More

Dalam pelatihan tersebut beliau mengundang tim ahli dari Propinsi Bandar Lampung sebagai nara sumber dalam pelatihan budidaya lebah madu.

Pelatihan yang diikuti sekitar 40 orang warga masyarakat yang berasal dari desa setempat diharap bisa berkembang.Dengan adanya pelatihan ini harapanya dapat meningkatkan sumber pendapatan asli desa, dan juga dapat memberi peluang peningkatkan perekonomian bagi masyarakat desa Sumber Arum.Kepala desa juga berharap agar warga masyarakat yang mengikuti pelatihan ini, bisa mengembangkan dan membagikan kepada warga dilingkungannya masing-masing,tentang ilmu yang didapat dari pelatihan tersebut.Sehingga nantinya sumberdaya masyarakat diSumber Arum ini bisa berkembang sesuai harapan dan dapat meningkatkan sumber pendapatan desa kita. (Ujar pak Kades)

Pelatihan yang berlangsung selama 4 hari ini dimulai pada hari Rabu (18/13/2019) dan diakhiri pada hari Sabtu (21/12/2019).

Dalam pelatihan selama 4 hari yaitu 2 hari untuk teori dan 2 prakte ini, warga masyarakat pun sangat antosias mengikuti pelatihan ini,baik dalam pelatihan teori maupun dalam praktek. Walaupun dalam praktek membudidayakan lebah ini memang benar-benar membutuhkan keuletan, kesabaran, dan keberanian yang tinggi, tetapi itu semua tidak mengurangi semangat warga masyarakat untuk mengikuti kegiatan ini. Bahkan ada juga peserta yang berkali-kali tersengat disekejur tubuhnya, itu pun tidak membuat mereka gentar, tetapi mereka malah tambah bersemangat dan selalu penasaran ingin bisa mengembangkan budidaya lebah madu ini.

Kak Darto dan timnya selalu memberikan semangat bagi peserta,beliau berkat ” Tidak masalah kalau sekedar tersengat, nikmatin saja, karna itu salah satu bagian hasil dari pembudidayaan lebah madu, yang paling pertama didapat ya itu sengatan lebah.Itu juga sudah merupakan suatu hasil lho, sebelum kita mendapatkan hasil madu dan hasil lainnya dari lebah tersebut.hasil yang pertama kali didapat ya sengatnya “. Begitu ujarnya memberi semangat peserta pelatiahan.

” Setelah anda-anda sekalian nanti sudah menjalani budidaya lebah madu ini nanti anda pasti bisa merasakan hasil yang manis dari budidaya lebah madu ini “. Begitu tambahnya. (Ignatius)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *