Perpanjangan Pendaftaran Anggota Dewan Pers Periode 2019-2022

  • Whatsapp

 70 total views,  1 views today

Siaran Pers

Read More

Jakarta ■ globalinvestigasinews.com – Badan Pekerja Pemilihan Anggota (BPPA) Dewan Pers memperpanjang waktu pendaftaran anggota Dewan Pers periode 2019-2022 hingga Selasa, 30 Oktober 2018 pukul 24.00 WIB. Keputusan ini diambil dalam rapat BPPA hari ini (24/10) di Gedung Dewan Pers, Jakarta.

Selama 21 hari waktu pembukaan pendaftaran, yang ditutup pada 23 Oktober 2018 pukul 24.00 WIB, sudah ada 27 nama yang mendaftar sebagai calon anggota Dewan Pers periode 2019-2022. Namun BPPA memutuskan perlu memperpanjang waktu pendaftaran untuk memberikan kesempatan lebih lama bagi warga Indonesia untuk mendaftar.

BPPA menetapkan syarat umum dan syarat administrasi untuk menjadi anggota Dewan Pers periode 2019-2022. Berikut syarat lengkapnya:
A. Syarat Umum:

  1. Memahami kehidupan pers nasional dan mendukung kemerdekaan pers berdasarkan Undang-Undang Nomor 40 Tahun 1999 tentang Pers dan Kode Etik Jurnalistik;
  2. Memiliki integritas pribadi;
  3. Memiliki sense of objectivity dan sense of fairness;
  4. Memiliki pengalaman yang luas tentang demokrasi, kemerdekaan pers, mekanisme kerja jurnalistik, ahli di bidang pers dan atau hukum di bidang pers;
  5. Calon dari unsur wartawan masih menjadi wartawan;
  6. Calon dari unsur pimpinan perusahaan pers masih bekerja sebagai pimpinan perusahaan pers;
  7. Calon dari unsur tokoh masyarakat ahli di bidang pers dan atau komunikasi, dan bidang lainnya;

B. Syarat Administrasi:

  1. Surat pernyataan kesediaan untuk dicalonkan menjadi anggota Dewan Pers.
  2. Bersedia menandatangani dan mematuhi pakta integritas.
  3. Membuat surat pernyataan tidak sedang menjadi tersangka, terdakwa, terpidana atau mantan terpidana.
  4. Menyertakan surat rekomendasi dari salah satu organisasi pers yang telah ditetapkan oleh Dewan Pers.
  5. Menyertakan tanda pengenal yang masih berlaku.
  6. Menyertakan riwayat hidup.
  7. Menyertakan pas foto terbaru ukuran 4×6 dua lembar.
  8. Calon dari unsur wartawan:
    a. Berjenjang Wartawan Utama.
    b. Masih menjalankan kerja jurnalistik di perusahaan pers yang memenuhi UU Pers dan Standar Perusahaan Pers yang ditetapkan Dewan Pers yang dibuktikan dengan surat keterangan dari penanggung jawab media bersangkutan (formulir disediakan BPPA dan dapat diunduh di link https://goo.gl/5xgWy5).
  9. Calon dari unsur pimpinan perusahaan pers masih bekerja sebagai pimpinan perusahaan pers yang dibuktikan dengan surat keputusan pengangkatan dari perusahaan pers bersangkutan yang memenuhi UU Pers dan Standar Perusahaan Pers yang ditetapkan oleh Dewan Pers.
  10. Calon dari unsur tokoh masyarakat, membuat surat pernyataan tidak sedang bekerja sebagai wartawan, tidak sedang menjadi pimpinan perusahaan pers, tidak sedang menjadi pengurus partai politik, dan pejabat publik.

Berkas pencalonan tersebut dikirim ke alamat surat elektronik sekretariat@dewanpers.or.id atau dikirim ke alamat Sekretariat BPPA Dewan Pers, Gedung Dewan Pers Lantai 7, Jl. Kebon Sirih No. 32 Jakarta Pusat (telp. 021-3504877-75).

Dance M

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *