Penanganan Sampah Pasar Glugur Rantau Prapat Mendapatkan Tambahan Bak Sampah ARM ROLL

  • Whatsapp

 110 total views,  1 views today

Labuhanbatu ■ Global Investigasinews –
Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Labuhanbatu bekerja keras, Sabtu (28/12/19) Menganalisa tingginya volume sampah yang dihasilkan dari sektor perdagangan di Pasar Glugur Rantauprapat sebagai pusat perbelanjaan Kabupaten Labuhanbatu kategori Pasar Semi Modern, dipandang sangat perlu sekali untuk menyediakan fasiltas penampungan sampah sementara dalam bentuk bak sampah arm roll yang memadai dan secara mudah dapat diletakkan dan diangkat kembali dengan sistem hidrolik.

Read More

Timbulan sampah atau volume sampah dan atau berat sampah yang dihasilkan dari jenis sumber sampah di wilayah tertentu per satuan waktu, seperti Pasar Gelugur Rantauprapat ini, perharinya mencapai volume 12 M3 =12 Ton/Hari atau 2 Unit Container Arm Roll.

Jika kita terlambat 1 (satu) hari saja tidak mengangkut timbulan sampah di Pasar Gelugur Rantauprapat ini maka akan menggangu aktivitas produsen (pedadang) dan Konsumen (Pembeli) dan menimbulkan dampak lingkungan hidup di area Pasar Gelugur Rantauprapat menjadi tidak sehat, berpikir dan menyikapi hal itulah kita dari Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Labuhanbatu yang berwenang menangani pengelolaan sampah, melakukan tindakan untuk menambah fasilitas bak penampungan sampah sementara berupa Container Arm Roll yang cara kerja pengangkutan sampah (distribusi) kita anggap lebih efisien dan efektif.

Melalui APBD Kabupaten Labuhanbatu Tahun Anggaran 2019 diperoleh 3 Unit Arm Roll dan 55 Buah Tong Sampah Dorong/Tarik (Trolley) untuk kelengkapan alat bagi petugas penyapu jalan Kota Rantauprapat. Ketiga unit container arm roll ini akan kita tempatkan pada titik timbulan sampah yang tinggi dan faktor keselamatan Arm Roll juga menjadi pertimbangan sehingga aman untuk diletakkan (tidak hilang).

Berdasarkan estimasi  produksi sampah per hari per jiwa dengan memakai patokan standar nasional indonesia (SNI) yaitu 0,7 Kg per jiwa per hari, maka timbulan sampah perhari di Kabupaten Labuhanbatu sebanyak 340,53 Ton/Hari atau 340.536 Kg/Hari. (Jumlah Penduduk Labuhanbatu Data Statistik Tahun 2018 : 486.480 Jiwa x 0,7 kg = 340.536 Kg/Hari).

Dari hitungan sederhana 340,53 Ton sampah per hari tersebut, jika ditampung kedalam bak sampah arm roll kapasitas 6 M3 atau 6 Ton, maka Bak Sampah Arm Roll yang harus ada sekitar 57 Buah dan minimal ada 7 Unit lagi Kenderaan Roda 6 Khusus Arm Roll (Hidrolik) dan ditempatkan dalam 9 Wilayah Kecamatan yang ada di Labuhanbatu.

Truk Arm Roll kita saat ini ada 2 Unit. Begitulah pemikiran sederhananya sehingga sampah rumah tangga dan sejenis sampah rumah tangga dapat ditertibkan/diangkut secara rutin ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) yang ada saat ini dan sampah liar dapat ditekan semaksimal mungkin.

Mengenai teknik pengelolaan sampah yang meliputi penanganan dan pengurangan sampah, itu pembahasan dan kajiannya lain lagi karena sudah menyangkut peralatan dan mesin-mesin pengolah sampah yang tepat guna, keahlian (ketersediaan SDM yang terampil), Tata Kelola Manajemen Sampah dan Komitmen bersama untuk tuntaskan masalah sampah dan sudah pasti memerlukan pembiayaan yang tinggi.

Terkait, Kabupaten Labuhanbatu sudah ada pembangunan Pusat Daur Ulang (PDU) Sampah oleh Pemerintah Propinsi Sumatera Utara yang terletak di belakang Kantor Dinas Lingkungan Hidup, proses penyerahan aset itu ke Pemkab Labuhanbatu sedang berjalan dan dikoordinasikan ke Dinas Lingkungan Hidup Propinsi Sumatera Utara supaya pengelolaannya menjadi tanggungjawab penuh Pemkab Labuhanbatu.

Setelah PDU dimaksud menjadi milik Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu, barulah dapat kita tingkatkan ketersediaan peralatan daur ulang seperti mesin pencacah pelastik sesuai kebutuhan.

Intinya, kita paham apa yang mau dan akan kita lakukan dalam pengelolaan sampah di Labuhanbatu dan terimakasih kepada Bapak Bupati Labuhanbatu H.Andi Suhaimi Dalimunthe,S.T.M.T bersama DPRD Kabupaten Labuhanbatu, Khususnya Komisi III yang mendorong Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Labuhanbatu agar berbuat banyak dan melakukan inovasi se

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *