Bentuk Kepribadian & Disiplin Cinta Tanah Air, Satgas Pamtas RI – RDTL Yonif R 142/Kj Laksanakan Kegiatan Pramuka

  • Whatsapp

 121 total views,  1 views today

Belu ■ ginewstvinvestigasi.com – Dalam mewujudkan pembentukan kepribadian, kedisiplinan dan cinta tanah air, personel Pos Turiscain Satgas Pamtas RI-RDTL sektor timur Yonif Raider 142/KJ dilaksanakan melalui kegiatan pembinaaan Pramuka di Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) Turiscain yang berada di Dusun Derok Desa Maumutin Kecamatan Raihat Kabupaten Belu NTT.

Read More

“Kegiatan ini merupakan salah satu wujud pengabdian dan bentuk kepedulian TNI yang bertugas di daerah perbatasan, khususnya dibidang pendidikan” ungkap Letkol Inf Ikhsanudin, S.Sos.,M.M selaku Dansatgas di Mako Satgas Atambua. Minggu (29/12/2019)

“Kegiatan Pramuka memiliki peran penting dalam membentuk kepribadian, kedisiplinan dan rasa cinta tanah air kepada generasi muda penerus Bangsa,” tegasnya.

Kegiatan ini dipimpin langsung oleh Lettu Inf Oslan Purba bersama 9 orang personel lainnya dan dibantu oleh guru yang mengajar di SMPN Turiscain.

Kegiatan Pramuka dan pengenalan Pilar Batas Negara tersebut diikuti oleh 78 orang peserta yang terdiri dari 38 orang kelas VII dan 40 orang kelas VIII.

“Kegiatan Pramuka ini bertujuan untuk membina para generasi muda dalam mencapai potensi-potensi yang ada dalam diri mereka, yang meliputi potensi kehidupan sosial dan memiliki pengetahuan yang tinggi,” imbuh Letkol Inf Ikhsanudin.

“Disamping memberikan bantuan tenaga mengajar, personel Pos Turiscain juga memberikan pengetahuan dan Wawasan Kebangsaan kepada peserta Pramuka agar mereka semangat untuk belajar dan lebih mencintai tanah air,” paparnya.

Kegiatan tersebut didukung penuh oleh Kepala Sekolah dan guru yang berada di Sekolah Menengah Pertama Negeri Turiscain, sehingga diharapkan kepada peserta Pramuka mendapatkan pengetahuan tentang materi kepramukaan serta pengetahuan tentang Pilar Batas Negara dan ilmu pengetahuan tentang Peta dan Kompas.

“Kegiatan ini merupakan wujud kepedulian TNI terhadap dunia pendidikan yang berada di wilayah perbatasan, sehingga keberadaan Satgas Yonif R 142/KJ di tengah-tengah warga masyarakat dapat dirasakan secara langsung,” imbuh Dansatgas lebih lanjut.

Terpisah, Ibu Maria Fatima Sotir, S.Pd (44) selaku Kepala Sekolah Menengah Pertama Negeri Turiscain menyampaikan ucapan terima kasih kepada personel Satgas Yonif R 142/KJ yang selalu menciptakan kegiatan positif sehingga dapat menjadi contoh bagi anak-anak untuk selalu disiplin dan lebih cinta kepada tanah air.

“Kami SMPN Turiscain sangat berterima kasih atas kepedulian bapak-bapak TNI yang telah mendorong dan memotivasi anak didik kami untuk selalu mendukung kegiatan dibidang pendidikan, semoga kegiatan ini bermanfaat dalam menanamkan pola pikir siswa-siswi sehingga terbentuk kepribadian, kedisiplinan dan cinta tanah air,” ungkapnya.

Sementara itu, Lettu Inf Oslan Purba selaku Danpos Turiscain menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian Satgas Yonif R 142/KJ terhadap generasi penerus Bangsa yang berada di perbatasan.

“Kami mengucapkan terima kasih atas kerjasama yang telah terjalin selama ini bersama SMPN Turiscain, kami bangga dengan semangat dan sikap antusias yang telah ditunjukkan para siswa-siswi di tapal batas,” ungkapnya.

“Kami berharap hubungan baik ini bisa terjalin seterusnya, apabila ada kesulitan dan kendala hendaknya jangan segan-segan untuk meminta bantuan kepada kami,” tandasnya.(penremgapu) Rep : mansyur

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *