Satgas Citarum Harum Sektor 13 Bersihkan Anak Sungai Cigandasoli dan Lakukan Komsos

  • Whatsapp

 52 total views,  1 views today

Purwakarta ■ Globalinvestigasi.com – Satgas Citarum Harum Sektor 13 membersihkan anak sungai Cigandasoli dari sampah dan tumbuhan liar serta melakukan komunikasi sosial (Komsos) di Kampung Bojong Loa Bangkir RT/RW. 11/04 Desa Gabdasoli Kecamatan Plered Kabupaten Purwakarta, Senin (30/12/2019).

Read More

Kegiatan ini juga melibatkan warga masyarakat dan para pecinta kebersihan lingkungan bersama-sama membersihkan bantaran sungai Citarum maupun sampah yang ada di sungai.

Sebelum melakukan pembersihan bantaran sungai, terlebih dahulu Satgas Citarum Sektor 13 SSR 2 bersama masyarakat melakukan apel pagi. Kemudian Dansub sektor regu 2 Serda Suparman menyampaikan perintah dari Dansektor 13 Kolonel Inf Nazwardi Irham bahwa, ” kegiatan dimulai pukul 08.00 Wib kita bersama-sama membersihkan bantaran sungai, pada pelaksanaan perhatikan faktor keamanan dan agar berhati-hati apabila menemukan ular yang berbisa “.

Dansektor 13 Kolonel Inf Nazwardi Irham mengatakan, ” program Citarum Harum merupakan program pamungkas di Jawa Barat bahkan program nasional sehingga TNI diturunkan ke Citarum dari mulai Hulu Citarum di Situ Cisanti hingga ke Hilir di Muara gembong “.

Oleh karena itu kata Kolonel Inf Nazwardi Irham hingga hari ini, ” saya tidak bosan-bosannya mengajak seluruh elemen masyarakat untuk lebih peduli terhadap lingkungan. Banyak cara yang bisa dilakukan diantaranya membersihkan selokan sekitar lingkungannya masing-masing, dengan tidak membuang sampah sembarangan dan berprilaku hidup sehat “.

” Untuk tahun 2020 yang hanya tinggal menghitung jam, kami Satgas Citarum khususnya Sektor 13 ini, sudah menyusun dan membuat rencana serta program-program yang sifatnya untuk kepentingan masyarakat dan bekerja bersama masyarakat pula, ” imbuh Dansektor 13 Kolonel Inf Nazwardi Irham.

Dalam proses pembersihan, Satgas Citarum Sektot 13 Dansub sektor regu 2 berhasil membersihkan sungai lebih kurang sepanjang 265 m.
Selanjutnya, Serda Suparman melakukan komunikasi sosial kepada warga masyarakat Desa Sukahaji dengan menyampaikan, pencemaran sungai akibat dari sampah rumah tangga maupun sampah industri harus dihentikan karena dapat merusak lingkungan, buanglah sampah pada tempatnya dan jangan buang sampah ke sungai. (Pendam III/Siliwangi).

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *