Awasi Patok Batas Negara, Satgas Yonif Raider 142/KJ Lakukan Patroli di Desa Sadi

  • Whatsapp

 253 total views,  1 views today

Belu,– ginewstvinvestigasi.com,- Memasuki musim penghujan, personel Pos Salore Satgas Pamtas RI-RDTL sektor timur Yonif Raider 142/KJ melaksanakan kegiatan rutin berupa Patroli Patok Pilar Batas Negara (PBN) yang berada di Desa Sadi Kecamatan Tasifeto Timur Kabupaten Belu Nusa Tenggara Timur sebagai upaya pengawasan dan pengecekan terhadap Pilar Batas Negara (PBN), guna menghindari hilangnya patok akibat derasnya arus sungai, Selasa (21/1/2020).

Read More

Satgas Pamtas RI-RDTL sektor timur Yonif Raider 142/KJ dalam mengamankan wilayah perbatasan Negara Kesatuan Republik Indonesia tercantum dalam Undang-undang nomor 34 tahun 2004 tentang Tentara Nasional Indonesia, pasal 7 ayat (2) huruf b angka 4 menjelaskan tentang tugas TNI dalam pengamanan wilayah perbatasan.

“Kegiatan Patroli rutin berupa pengecekan Pilar Batas Negara (PBN) tersebut dipimpin langsung oleh Serda Angga Bramana bersama 7 orang personel Pos Salore lainnya,” ungkap Letkol Inf Ikhsanudin, S.Sos.,M.M selaku Dansatgas.

“Dengan berjalan kaki sejauh 5 kilo meter, personel Patroli Patok Batas Negara dari Pos Salore mengecek dan mengawasi seluruh Patok yang menjadi tugas dan tanggung jawabnya, kegiatan pengecekan tersebut lebih difokuskan kepada Patok Batas Negara yang berada di pinggir aliran sungai,” ungkapnya lebih lanjut.

Patok Batas Negara yang berada di pinggir sungai memiliki resiko hilang lebih besar akibat dari derasnya arus sungai yang menimbulkan terjadinya abrasi pada saat musim penghujan.

Sebagaimana kita ketahui bersama, posisi Pilar Batas Negara (PBN) yang berada di Desa Sadi berada di pinggir aliran sungai, harus ditempuh melalui semak belukar dan menyusuri alur sungai sehingga diperlukan kewaspadaan tinggi untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

“Setelah sampai ditempat tujuan, personel Patroli Patok Batas Negara dari Pos Salore Satgas Pamtas Yonif R 142/KJ menemukan posisi Pilar Batas Negara (PBN) dalam kondisi baik dan plat prasasti yang berada diatasnya dalam keadaan aman,” tegas Dansatgas.

“Saya memberikan apresiasi atas kinerja personel kami yang berada di sepanjang sektor timur garis perbatasan Indonesia dan Timor Leste, dan saya selalu mengingatkan kepada mereka agar tetap mengedepankan faktor keamanan dalam setiap pelaksanaan tugas, khususnya kegiatan Patroli Patok Batas Negara yang dilaksanakan pada saat musim penghujan,” imbuh Letkol Inf Ikhsanudin.

“Karena sebagaimana kita ketahui, wilayah sepanjang garis perbatasan, khususnya musim penghujan sangat beresiko terjadi bencana air bah yang disebabkan oleh tingginya intensitas air hujan di daerah pegunungan,” tegasnya lebih lanjut.

Sementara itu, Letda Inf David Asmara selaku Danpos Salore menyampaikan tanggapannya atas kegiatan Patroli Batas Negara yang dilakukan personelnya.

“Kami akan mengabdikan diri kepada Bangsa dan Negara sesuai dengan tugas dan tanggung jawab kami selaku Satgas Pamtas Yonif Raider 142/KJ dan tentunya dengan tetap mengedepankan perintah Pimpinan dengan mendahulukan faktor keamanan dalam setiap pelaksanaan tugas dan kegiatan,” tandasnya. (penremgapu) Rep : mansyur

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *