Kapolres : Satpam Berbasis Kompetensi Mewujudkan SDM Unggul Agar Tercipta Kamtibmas Yang Kondusif

  • Whatsapp

 199 total views,  1 views today

Pacitan – Peringatan HUT Satuan Pengamanan ke 39 tahun 2020 digelar di halaman Mapolres Pacitan, Upacara yang di pimpin oleh Kapolres dengan mengambil tema “Satuan Pengamanan Berbasis Kompetensi mewujudkan SDM Unggul untuk terciptanya situasi kamtibmas yang kondusif dan terjaminnya keamanan di lingkungan kerja menuju Indonesia Maju”.

Read More

Satpam sejak dibentuk 39 tahun lalu, oleh Kapolri pada masa Jenderal Polisi (Purn) Prof. Dr. Awaloedin Djamin, menyadari bahwa kebutuhan akan rasa aman tidak bisa diemban oleh Polri semata.Namun, Satpam yang terdiri dari petugas-petugas terlatih dan terampil ini juga memiliki peran sangat penting dalam menjaga sentra-sentra perekonomian, sekolah, rumah sakit, tempat-tempat pelayanan masyarakat, hingga instansi pemerintah, dan sebagai mitra kerja terdekat bagi Polri dalam memelihara keamanan serta ketertiban.

“Satpam selalu untuk senantiasa menjaga kesehatan dan keimanan untuk menunjang tugas di wilayah masing-masing, kemudian meningkatkan kewaspadaan dalam setiap menghadapi gangguan maupun hambatan di wilayahnya,”jelas Kapolres Pacitan AKBP Didik Hariyanto usai Upacara HUT Satpam, Rabu (22/01/2020).

Selain itu, tingkatkan kerjasama dengan TNI – Polri serta stakeholder di wilayah untuk mengantisipasi berkembangnya gangguan keamanan, ketertiban di masyarakat, dan diharapkan senantiasa meningkatkan kompetensi diri baik melalui pendidikan dan latihan.

“Momentum Hari jadi Satpam ke-39,menjadi evaluasi kinerja, sekaligus sebagai refleksi profesi yang mulia,Untuk itu, harus terus ditingkatkan kemampuannya, Satpam yang di bawah pengawasan Satuan Bimas Polres selalu melakukan pelatihan serta pertemuan untuk meningkatkan kemampuan dalam pengamanan,”tandas Didik.

Sementara itu secara terpisah, Suratno mengatakan, Jika dengan Hari Jadi Satpam tahun ini bisa meningkatkan SDM dari anggota tersebut agar lebih bisa profesional dalam melaksanakan tugas sebagai kepanjangan tangan dan mitra dari Polri.

“Kita berharap dengan semangat hari jadi Satpam ke 39 semakin menjadikan teman-teman sebagai satuan pengamanan lebih meningkatkan kemampuannya dalam melaksanakan pengamanan serta turut menjaga Kamtibmas di tempat kerja maupun lingkungannya,”ujar Bang Mandor sapaan akrab Satpam senior tersebut.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut,Bupati Pacitan Indartato, Dandim 0801 Letkol Inf Nuri Wahyudi, Kepala Kemenag M Nurul Huda, Anggota DPRD Pacitan,serta pimpinan dan perwakilan perusahaan di Kabupaten Pacitan.(tyo)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *