Dinas Pertanian Pijay, Lakukan Penyemprotan dan Bagikan Pestisida untuk Pencegahan Hama Wereng

 490 total views

PIDIE JAYA – Dinas Pertanian Kabupaten Pidie Jaya pada Jum’at (24/01) kembali membantu petani padi di Gampong Kuta Trieng Kemukiman Beuracan Kecamatan Meureudu Kabupaten Pidie Jaya melakukan penyemprotan hama wereng batang coklat (WBC) di sawah petani dengan menggunakan pestisida.

Read More

Penyemprotan ini diharapkan mampu mengantisipasi penyebaran hama wereng batang yang kian meluas menyerang lahan pertanian.

Kepala Dinas Pertanian Drh. Muzakkir Muhammad, MP, berharap kepada masyarakat khususnya para petani agar menggunakan benih padi unggul bersertifikat, dipilih varietas yang dianjurkan oleh penyuluh yang mempunyai daya tahan terhadap serangan OPT dan varietas yang produksinya tinggi.
lakukan pemupukan secara berimbang sebagaimana anjuran penyuluh dan aktifkan kegiatan rembug tani supaya bilamana ada kendala dalam melakukan usaha budidaya pertanian dapat segera dicari solusi, terhadap padi yang sudah terserang, hari ini petugas POPT sudah melakukan penyemprotan massal dengan menggunakan pestisida mudah- mudahan serangan wereng dapat kita kendalikan di Gampong Kuta Trieng Kecamatan Meureudu Kabupaten Pidie Jaya.

Secara terpisah Koordinator POPT-PHP, Safrizal, SP, di sela-sela kegiatan mengatakan, pencegahan secara dini agar mencegah penyebaran WBC pada produktivitas tanaman padi. Penyemprotan ini secara bertahap harus dilakukan petani.

“Populasi WBC masih sangat rendah per batang padi. Meski begitu harus dikendalikan agara tidak meluas lagi yang sudah diserang hama wereng, katanya.

Dalam penyemprotan ini lanjut Safrizal, pihaknya menyediakan obatan-obatan pestisida yang bisa didapat petani dengan gratis. Kepada petani Kuta Trieng menghimbau, agar harus waspada terhadap hama wereng ini, terus melakukan pengamatan dilahan pertanian secara rutin. Dia juga mengingatkan untuk mencegah penyebaran hama wereng ini, petani dapat menggunakan Insektisida Nabati dan bisa membuat sendiri dengan memanfaatkan tumbuhan dilingkungan seperti buah maja, gadung dan tembakau. “Kalau kesawah di lihat rumpun padinya, kalau ada hamanya segera di atasi dan laporan kepada PPL setempat,” jelasnya.

Gerakan pengendalian OPT padi hama wereng di Gapoktan Jjeumpa keumireu Gampong Kuta Triieng Kemukiman Beuracan Kecamatan Meureudu Pidie Jaya juga di hadiri oleh Kepala laboratorium PHP Keumala Mustafa.Ag.Sp, Koordinator POPT-PHP Pidie Jaya, Koordinator BPP Meureudu Mukhlis, S. St, dan para PPL dalam Kecamatan Meureudu serta seluruh petani yang sawahnya dalam wilayah Gampong Kuta Trieng.

Ditempat yang sama petani padi Budiman Ishak mengucapkan terima kasih atas kepedulian Pemerintah melalui Dinas Pertanian, yang telah memberikan peyuluhan dan penyemprotan masa dalam pencegahan penyebaran hama wereng di lahan pertanian di Gampong Kuta Trieng. “Terima kasih kepada Pemerintah Daerah karena telah memberikan peyuluhan dan bantuan obat wereng. Pencegahan sudah dilakukan semoga hasil panen nanti mendapatkan hasil yang maksimal,” katanya.

Reporter : Miswar

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *