Kota Medan Masih Aman dari Virus Corona, Ini Himbauan Dr. Erwin untuk Pencegahan ?

 292 total views

Medan Ginewstv.co.id. ■ Virus corona menjadi momok di beberapa negara karena memicu timbulnya pneumonia Peradangan akut di jaringan paru dapat menyebabkan pasien meninggal dunia.

Read More

Kadis kesehatan Kota Medan dr Edwin Effendi mengungkapkan bahwa sampai saat ini medan masih bebas dan aman dari Virus Corona.

“Sejauh ini belum ada satupun warga kota Medan yang terjangkit Virus Corona”,tuturnya dikantor Dinkes Medan,Petisah Medan,Selasa (28/01/2020).

Ia menghimbau kepada masyarakat agar berjaga-jaga untuk memperkuat imun tubuh dan mengenali penyakit yang mematikan tersebut.

Masyarakat harus dapat mengenali ciri-ciri awal yang di indikasi sebagai gejala corona virus,seperti demam,lemas,batuk kering dan sesak nafas.

“Terutama,usia lanjut dan balita karena sangat rentas terjangkit corona virus.masa inkubasi penyakit ini belum diketahui secara pasti,namun rata-rata gejala timbul setelah 2-14 hari”, pungkas Edwin.

Ia meminta kepada masyarakat untuk melakukan pencegahan yang dapat di lakukan dengan cara menjaga kebersihan tangan secara rutin,terutama sebelum memegang mulut,hidung dan mata.selain itu kebersihan tangan di lakukan setelah memegang instalasi publik.

“Caranya cuci tangan dengan sabun dan bilas tangan dengan air mengalir selama 20 detik.lalu keringkan dengan handuk atau kertas sekali pakai.jika tidak ada fasilitas cuci tangan.bisa menggunakan sanitizer alcohol 70-80 persen”,tuturnya.

Kemudian,pencegahan dapat dilakukan dengan menutup mulut dan hidup dengan tisu atau sapu tangan ketika bersih maupun batuk.

“Gunakan masker dan segera berobat ke fasilitas pelayanan kesehatan ketika memiliki gejala sesak nafas.istirahat bila sedang sakit,serta konsumsi buah dan sayur minimal tiga kali perhari dan makan-makanan bergizi lainnya”,tutur Edwin.

Ia juga meminta masyarakat untuk menghindarai kontak dekat dengan orang yang sakit infeksi saluran pernafasan.

“Cucu tangan setelah melakukan kontak dengan pasien dan lingkungan nya.hindari menyentuh hewan liar atau unggas,serta patuhi petunjuk keamanan makanan dan auran kebersihan”.

“Setelah kembali dari daerah outbreak,saya minta masyarakat yang bersangkutan segera konsultasi ke dokter jika terdapat gejala demam atau gejala lainnya.jangan lupa beritahu dokter tentang riwayat perjalanan dan gunakan masker untuk mencegah penulan penyakit ke orang lain”,jelasnya.

Edwin menambahkan apabila sudah teridikasi terjangkit penyakit corona virus dan ada riwayat perjalanan dari negara terjangkit dalam 14 hari sebelum munculnya gejala,pasien segera di rujuk ke RSUP H Adam Malik agar mendapatkan penanganan yang lebih intensif.

“Sebagai bentuk kesiap siagaan menghadapi penyebaran corona virus,kita telah menyurati seluruh rumah sakit dan puskesmas di kota Medan”, pungkasnya.(MY.Nasution)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *