Peningkatan Kapasitas Kader Posyandu, SMK Nusantara Persada Bumi Agung – Way Kanan

 476 total views

WAYKANAN LAMPUNG ■ Peningkatan Kapasitas Kader Posyandu SMK Nusantara Persada Kp. Pisang Baru, Kec. Bumi agung, 07 Februari 2020
Sambutan tertulis Ketua TP PKK Hj.Dessy Afriyanti adipati yang dibacakan Wakil Ketua TP PKK Hj. Thurismawaty Edward Antony.
Mengawali Sambutan ini, Saya menyampaikan permohonan Maaf Dari Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Way Kanan, Ibu Hj.Dessy Afriyanti Adipati, seyogyanya beliau hadir pada acara hari ini, tapi karena beliau ada tugas lain yang tak kalah pentingnya, beliau mengutus saya untuk mewakili belaiua pada acara hari ini.
Untuk itu saya akan membacakan sambutan tertulis Ketua TP PKK Hj.Dessy Afriyanti Adipati
Posyandu merupakan salah satu bentuk Upaya Kesehatan Bersumberdaya Masyarakat (UKBM) yang dikelola dari, oleh, untuk, dan bersama masyarakat, guna memberdayakan masyarakat dan memberikan kemudahan kepada masyarakat dalam memperoleh pelayanan kesehatan dasar.
Posyandu sebagai perwujudan dari peran serta masyarakat tidak serta merta hadir dan bergerak dengan sendirinya, dukungan pemerintah terhadap keberadaan dan kesinambungan posyandu terus diupayakan. Berbagai kebijakan telah dibuat , bermacam kegiatan dan program telah dilaksanakan agar posyandu tetap eksis dan menjadi gerbang terdepan pemberdayaan masyarakat.
Upaya peningkatan peran dan fungsi Posyandu bukan semata-mata tanggungjawab pemerintah saja, namun semua komponen yang ada di masyarakat, termasuk kader. Peran kader dalam penyelenggaraan Posyandu sangat besar karena selain sebagai pemberi informasi kesehatan kepada masyarakat juga sebagai penggerak masyarakat untuk datang ke Posyandu dan melaksanakan perilaku hidup bersih dan sehat
Salah satu permasalahan dalam penyelenggaraan Posyandu yang paling mendasar adalah Masih kurangnya pengetahuan kader baik dari sisi akademis maupun teknis, kita ketahui bersama bahwa kader merupakan ujung tombak dari seluruh kegiatan yang dilaksanakan di Posyandu, keberadaan kader menjadi hal yang sangat penting dan strategis ketika pelayanan yang diberikan ke masyarakat dapat memberikan dampak positif terhadap peningkatan derajat kesehatan yang pada akhirnya dapat meningkatkan kesejahteraan Masyarakat. Untuk itu saya menyambut baik Pelatihan Peningkatan Kapasitas Kader Posyandu pada hari ini yang kita harapkan pada akhirnya membuat masyarakat kita selalu berprilaku hidup sehat dengan upaya penyehatan lingkungan, masyarakatkan Keluarga Sadar Gizi dan yang tak kalah pentingnya Kesehatan ibu,bayi dan anak balita dikabupaten Way Kanan tetap terjaga.
Pada kesempatan yang berbahagia ini Saya sampaikan apresiasi yang setingi-tingginya kepada Dinas Kesehatan Kabupaten Way Kanan beserta jajaran dan semua pihak yang terlibat atas inisiatifnya untuk menyelenggarakan kegiatan ini, Saya secara pribadi dan sebagai ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Way Kanan juga menyampaikan ucapan terimakasih kepada Ketua Tim Penggerak PKK kampung, bapak/Ibu Kader Posyandu atas pengabdian yang luar biasa dalam upaya membantu memberikan Pelayanan Kesehatan dan sosial dasar kepada masyarakat.
Marilah kita memohon kepada Tuhan Yang Maha Esa –Allah Subhanahu Wata’ala agar berkenan memberikan bimbingan dan meridhoi semua usaha luhur kita dalam mewujudkan Way Kanan Maju dan berdaya saing.
Sebelum saya mengakhiri sambutan ini saya mengajak kita semua untuk bersatu menjaga kebersamaan Untuk Kabupaten Way Kanan yang kita cintai ini.

Read More

Demikian beberapa hal yang dapat saya sampaikan pada kesempatan ini Akhirnya dengan mengucapkan “Bismillahirrohmanirrohim” Pelatihan Peningkatan Kapasitas Kader Posyandu Tingkat Kabupaten Way Kanan Tahun 2020 secara resmi saya nyatakan dimulai..(**/RAHMAN)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *