SEGENAP PRAJURIT DAN PNS IKUTI UPACARA BENDERA

 293 total views

Nomor: 06/PR/II/2020

Read More

SEGENAP PRAJURIT DAN PNS IKUTI UPACARA BENDERA

TANJUNGPINANG – Segenap Prajurit dan Pegawai Negeri Sipil (PNS) Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) IV Tanjungpinang mengikuti upacara bendera yang berlangsung di Lapangan Apron Pangkalan Udara TNI Angkatan Laut (Lanudal) Tanjungpinang Jl. Nusantara Tanjungpinang Kepulaun Riau, Senin (17/2).

Upacara bendera yang dilaksanakan pada tanggal 17 setiap bulan ini dipimpin langsung oleh Komandan Lanudal Tanjungpinang Letkol Laut (P) Dani Achnisundani, S.H., M, Tr .Hanla., dan yang bertindak selaku komandan upacara (Danup) Mayor Laut (T) Aris Yulianto.

Upacara tersebut diikuit oleh Perwira, Bintara, Tamtama dan Pns yang berada di Tanjungpinang. Pelaksanaan upacara diawali dengan penaikan Bendera Merah Putih diiringi dengan dilanjutkan dengan pembacaan teks Pancasila, UUD 1945, pembacaan Pembukaan UUD’45, pengucapan Sapta Marga, pembacaan Sapta Prasetya Korpri serta pembacaan amanat Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) oleh Inspektur upacara (Irup).

Kasal Laksamana TNI Siwi Sukma Adji, S.E., M.M., dalam amanat tertulis yang dibacakan Irup antara lain mengatakan “Selain harus membangun kekuatan pertahanan negara yang tangguh serta mendidik SDM yang mampu berkompetisi di era teknologi ini, kita juga perlu memahami dan mengantisipasi segala bentuk ancaman yang terkadang tidak tampak dipermukaan”, ujarnya.

Kasal juga mengatakan “Dalam kurun waktu belakangan ini, ada beberapa isu keamanan yang menarik perhatian dunia pertama, wabah virus novel-corrona atau dikenal dengan nama kedokteran covid-19, telah mengakibatkan korban meninggal dalam angka yang cukup besar dan cukup luas penyebarannya di dunia’, jelasnya

Salah satu cara yang paling efektif mencegahnya adalah melalui kebersihan lingkungan dan menjaga kesehatan masing-masing individu. Perlu diingat bahwa situasi yang sudah cukup membuat panik ini, tidak perlu lagi diperkeruh dengan penyebaran berita menyesatkan (hoax) yang hanya akan menambah kepanikan masyarakat”, jelas Kasal

Lebih jauh dikatakan “Yang kedua, dunia internasional juga dikejutkan oleh kejadian penembakan yang terjadi minggu lalu di Thailand, dimana puluhan korban warga sipil telah menjadi korban. Mengantisipasi hal tersebut, saya perintahkan kepada seluruh Komandan satuan untuk secara berkala dan ketat mengawasi penggunaan amonisi maupun senjata terlepas dari tuntutan tugas”, ungkapnya.

Sebelum mengakiri amanatnya, Kasal menegaskan salah satunya adalah “Pertama dengan merebaknya virus coronavirus (covid-2019) di banyak negara, agar tiap personel TNI Angkatan Laut meningkatkan kewaspadaan baik pribadi maupun keluarga dengan cara senantiasa menjaga kesehatan dan kebersihan lingkungan.

Kedua agar segenap personel TNI Angkatan Laut mendukung pelaksanaan sensus penduduk tahun 2020 yang akan diselenggarakan secara online yang akan memungkinkan tingkat partisipasi yang tinggi”, pungkasnya.

Ditempat yang berbeda Wadan Lantamal IV Kolonel Laut (P) DR. Imam Teguh Santoso, S.T., M.Si., juga memimpin pembacaan amanat Kasal di Lapangan Apel Mako Lantamal yang dihadiri oleh Para Pejabat Utama Lantamal IV, Para Kadis dan Kasatker serta para Pamen Lantamal IV.

Demikian berita Dispen Lantamal IV Tanjungpinang.

    Kadispen Lantamal IV

       T T D

          Saul Jamlaay

Mayor Marinir NRP 17533/P

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *