Pos Solore Satgas Pamtas Yonif R 142/KJ Hadiri Musyawarah Penyelesaian Masalah Tanah di Desa Tulakadi

  • Whatsapp

 68 total views,  1 views today

Pos Solore Satgas Pamtas Yonif R 142/KJ Hadiri Musyawarah Penyelesaian Masalah Tanah di Desa Tulakadi

Read More

Belu – ginewstvinvestigasi.com, – Musyawarah merupakan suatu upaya bersama dengan sikap rendah hati untuk memecahkan persoalan atau mencari jalan keluar, guna mengambil keputusan bersama dalam penyelesaian atau pemecahan masalah.

Adapun tujuan Musyawarah adalah untuk mencari jalan terbaik melalui kata mufakat dari persetujuan seluruh peserta musyawarah atas pemecahan suatu permasalahan dengan menyatukan beberapa pendapat yang berbeda, peserta musyawarah harus berani mengeluarkan pendapatnya sehingga peserta musyawarah dapat melatih mental, belajar menahan emosi serta menghargai pendapat orang lain.

Musyawarah dilakukan untuk kepentingan bersama yang tidak memberatkan peserta musyawarah yg lain dan hasil musyawarah harus mudah dipahami serta bersumber dari hati nurani peserta musyawarah.

Demikian dikatakan Letkol Inf Ikhsanudin, S.Sos.,M.M selaku Dansatgas Pamtas Yonif Raider 142/KJ melalui Rilis tertulisnya di Mako Satgas Atambua, Senin (17/2/2020).

Lebih lanjut Letkol Inf Ikhsanudin menjelaskan bahwa Musyawarah yang baik harus mendahulukan kepentingan bersama dan bukan kepentingan pribadi atau golongan, seluruh peserta musyawarah harus dapat memahami apa yang sedang dimusyawarahkan, seluruh peserta musyawarah hendaknya menyadari bahwa keputusan yang diambil adalah keputusan yang terbaik, peserta musyawarah harus dapat menahan emosi pada saat keputusan yang diambil tidak sesuai dengan apa yang diharapkan serta peserta musyawarah wajib mentaati seluruh peraturan yang telah diterapkan walaupun hasil yang didapat kurang memuaskan.

Personel Satgas Pamtas RI-RDTL sektor timur Yonif Raider 142/KJ diminta hadir oleh masyarakat dalam rangka musyawarah untuk penyelesaian permasalahan sengketa tanah, serta mengawal penyelesaian perselisihan warga Dusun Seliren tentang areal lokasi wisata alam Jokowi di Desa Tulakadi Kecamatan Belu Nusa Tenggara Timur.

“Musyawarah dalam penyelesaian masalah sengketa di Desa Salore tersebut dihadiri oleh personel kami dari Pos Salore yang dipimpin oleh Serda Angga Bramana bersama 5 orang personel lainnya serta personel Kepolisian setempat, aparat Desa Tulakadi, 15 orang warga Dusun Seliren dan 10 orang warga Desa Tulakadi,” ungkap Ikhsanudin.

Hasil musyawarah dinyatakan bahwa masyarakat Dusun Seliren menerima pernyataan dari Kepala Desa Tulakadi yang menyatakan bahwa tidak ada lahan milik warga Dusun Seliren yang digunakan oleh pihak Dinas Pariwisata untuk kepentingan pembanguan areal wisata alam jokowi.

Kehadiran personel kami pada acara tersebut adalah untuk menjaga situasi agar tetap aman dan kondusif serta terhindar dari hal-hal yang tidak kita inginkan, sehingga tidak timbul rasa kekhawatiran dari warga Desa Tulakadi, dan hal tersebut merupakan bukti nyata kepedulian TNI terhadap situasi keamanan dan ketertiban masyarakat di wilayah perbatasan.

“Saya selalu berpesan kepada seluruh personel, agar mereka selalu berupaya untuk dapat memberikan manfaat, solusi serta pengaruh positif bagi masyarakat yang ada di sekeliling mereka,” imbuh Letkol Inf Ikhsanudin.

Sementara itu, Bapak Kristian (35) selaku Kepala Desa Tulakadi menyampaikan ucapan terima kasih kepada Satgas Pamtas Yonif R 142/KJ khususnya Pos Salore yang telah membantu mengawal kegiatan musyawarah di Desa Tulakadi.

“Tanpa kehadiran bapak-bapak TNI dari Pos Salore dan pihak Kepolisian mungkin musyawarah tidak dapat berjalan dengan lancar dan aman, saya selaku Kepala Desa Tulakadi mengucapkan banyak terima kasih dan sangat bersyukur sekali,” ucap Kristian.

Terpisah, Letda Inf David Asmara selaku Danpos Salore menyampaikan tanggapannya atas kehadiran personelnya pada kegiatan musyawarah di Desa Tulakadi.

“Kegiatan ini kami lakukan untuk menjaga situasi wilayah perbatasan khususnya Desa Tulakadi agar tetap aman dan kondusif,” tandas David Asmara.(Mansyur)

(penremgapu)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *