KAPOLDA JABAR BUKA PAMERAN DAN LELANG LUKISAN POLRI BERSAMA SENIMAN PEDULI PENGHIJAUAN DAN BENCANA ALAM

 353 total views

KEPOLISIAN NEGARA REPUBLIK INDONESIA
DAERAH JAWA BARAT
BIDANG HUBUNGAN MASYARAKAT

Read More

SIARAN PERS
TENTANG

KAPOLDA JABAR BUKA PEMERAN DAN LELANG LUKISAN POLRI BERSAMA SENIMAN PEDULI PENGHIJAUAN DAN BENCANA ALAM

Kepolisian Daerah Jawa Barat (Polda Jabar) bersama Komunitas Pelukis Indonesia (KOMPI) menyelenggarakan Pameran dan Lelang Lukisan Polri Bersama Seniman Peduli Penghijauan dan Bencana Alam. Pameran dibuka secara resmi oleh Kapolda Jabar Irjen Pol. Drs. Rudy Sufahriadi, Senin (24/2/2020). Hadir dalam kesempatan tersebut Wakapolda Jabar Brigjen Pol. Dr. Akhmad Wiyagus, S.I.K.,M.Si. M.M., para pejabat utama Polda Jabar, Kapolrestabes, Kapolresta dan Kapolres jajaran Polda Jabar. Hadir pula dalam kesempatan tersebut para pelukis dari Komunitas Pelukis Indonesia (KOMPI).

Pameran akan diselenggarakan selama 6 (enam) hari yaitu mulai tanggal 24 s.d. 29 Februari 2020 bertempat di Graha Bhayangkara, Jalan. Cicendo N0. 29 Pasir Kaliki, Kec. Cicendo Kota Bandung. Tema Pameran Lukisan tersebut adalah PEDULI KITA HARAPAN MEREKA.

Maksud kegiatan Pameran dan Lelang lukisan ini adalah untuk memberikan rasa peduli terhadap lingkungan dan bencana alam, yang mana dari hasil pameran lukisan ini sebagian akan disumbangklan untuk kegiatan peduli penghijauan dan bencana alam, serta menjadi bagian dari kepedulian dalam mencintai seni khususnya seni rupa Indonesia.

Jumlah karya yang akan dipamerkan terdiri dari 95 karya lukisan dari 20 pelukis berbagai aliran dan akan ada 5 (lima) karya lukisan yang akan dilelang.

Kapolda Jabar dalam sambutannya pada pembukaan Pameran dan Lelang Lukisan tersebut mengatakan bahwa Pameran dan Lelang Lukisan adalah suatu kegiatan yang sangat positif karena seni lukis adalah ungkapan perasaan pelukis yang disampaikan kepada orang lain agar mereka dapat merasakan apa yang dirasakan pelukis. Pameran sebagai salah satu sarana selain sebagai ajang silaturahmi pelukis, juga berfungsi sebagai tempat bagi pelukis mendapatkan apresiasi dari masyarakat atau pengunjung.

Pameran dan Lelang lukisan ini juga sejalan dengan misi Kapolri Jenderal Pol. Drs. Idham Aziz, M.Si. yaitu Program Menanam Sejuta Pohon untuk Penghijauan yang mana kedepannya untuk mencegah bencana alam dan tanah longor yang akhir-akhir ini kita alami. Dan melalui pameran ini sangat diharapkan kesadaran untuk menjaga lingkungan dan menggalakan penghijauan agar kedepannya musibah bencana alam tidak akan terulang kembali.

Melihat kemajuan seni dan budaya, diharapkan masyarakat dapat mengenal dan mencintai seni lukis terutama sebagai motivasi bagi generasi muda penerus bangsa untuk mendalami seni lukis. Kegiatan ini merupakan cermin dan keharmonisan beragam elemen dari institusi TNI-POLRI, Komunitas Pelukis Indonesia (KOMPI) di tengah masyarakat dan semua pihak untuk saling bersatu padu mendukung dan mengembangkan seni budaya dalam mengawal peradaban. Kegiatan ini, sangat diharapkan dapat diadakan secara berkesinambungan dan berkelanjutan serta berkomitmen mendukung kegiatan tersebut.

Sementara itu Ketua Panitia Penyelenggara Kombes. Pol. Drs. Solichin yang juga merupakan Karo SDM Polda Jabar mengatakan, seniman-seniman yang tergabung dalam Komunitas Pelukis Indonesia (KOMPI) lewat karya lukisan mereka menjadikan motivasi untuk lebih peduli dengan keadaan sekitar, terutama alam yang akhir-akhir ini kurang bersahabat dengan terjadinya musibah tanah longsor dan banjir bandang. Dari kejadian itu, dapat disimpulkan agar kedepannya lebih digalakan penghijauan dan menjaga lingkungan. Harapan lain dari Pameran dan Lelang Lukisan ini dapat menyalurkan ide, pikiran bersama dalam ke Bhineka Tungal Ika-an tanpa ada perbedaan.

Dari hasil Pameran dan Lelang Lukisan ini akan disumbangkan kepada yang membutuhkan, sesuai dengan tema tersebut diatas. Disamping itu, dapat menghidupkan kembali budaya dan kearifan lokal agar dapat lebih luas untuk mengenal seni budaya Nusantara.

Bandung, 24 Februari 2020

Dikeluarkan oleh Bid Humas Polda Jabar
Jl. Soekarno Hatta No. 748 Bandung

Kontak Person
Kabid Humas Polda Jabar
KOMBES POL. Drs. S. ERLANGGA
NO.HP: 081277764545

Kasubbid Penmas Bid Humas Polda Jabar
AKBP Dra. SANTI GUNARNI
NO.HP: 081214505604

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *