DP2AP3KB Kabupaten Seruyan Membuat Aplikasi Fungsinya Sebagai Wadah Pelaporan

  • Whatsapp

 505 total views,  5 views today

KUALA PEMBUANG

Dalam rangka mempermudah pelaporan kekerasan yang terjadi terhadap anak dan perempuan. Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP2AP3KB) Kabupaten Seruyan membuat aplikasi yang fungsinya sebagai wadah pelaporan.

Kepala DP2AP3KB SeruyanPurwadi melalui Kepala Bidang Peningkatan Kwalitas Hidup Perlindungan Hak dan Tumbuh Kembang Anak, Kastam mengatakan saat ini pihaknya sudah membuat aplikasi yang berfungsi untuk mempermudah pelaporan terhadap tindak kekerasan yakni
Laraspena (laporan kekerasan terhadap perempuan dan anak).

“Kita punya aplikasi untuk menjembatani si korban atau saksi untuk bisa melapor tetang kekerasan terhadap anak dan perempuan yang terjadi di Seruyan,” kata Kastam di ruang kerjanya, Selasa 25 Februari 2020.

Dikatakannya, melalui aplikasi ini pelapor atau siapapun yang melihat tindakan kekerasan terhadap anak dan perempuan dengan mudah melaporkan dan ditindak lanjuti oleh admin yang sudah di tugaskan.

“Dalam aplikasi akan ada form yang akan diisi oleh si pelapor dan kita menjamin bahwa data pelapor akan dirahasiakan,” katanya.

Diungkapkan Kastam, bahwa di Indonesia baru tiga daerah yang sudah memiliki aplikasi pelaporan, itupun ditingkat provinsi. Sedangkan tingkat kabupaten baru Kabupaten Seruyan yang sudah memiliki aplikasi Laraspena tersebut.

“Kita yang punya aplikasi di indonesia cuma tiga dan dua skopnya provinsi dan untuk kalimantan Seruyan yang pertama kali,” ungkapnya.

Saat ini aplikasi tersebut sudah bisa di download di playstore dan gratis karena pihaknya secara mandiri mengelola aplikasi tersebut.

“Semenjak kita launching pada tanggal 26 Januari lalu, kita terus melakukan update untuk peningkatan mutu,” katanya.

Ia berharap agar kedepan aplikasi ini bisa bermanfaat untuk masyarakat serta dalam waktu yang bertahap fungsinya akan terus ditingkatkan.

“Kalo bisa nanti kita akan coba berkerja sama di semua bidang sehingga fungsi aplikasi ini bisa lebih banyak,” tutur Kastam.

(rdn)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *