Kepala Desa Sido Mulyo Enggan Memberikan Informasi & Realisasi serta Pengunaan Dana Desa Tahun 2019 Kabupaten Mesuji

  • Whatsapp

 1,212 total views,  1 views today

Kepala Desa Sido Mulyo
Enggan Memberi Informasi Realisasi serta Pengunaan Dana Desa Tahun 2019
Kabupaten Mesuji

Read More

GinewstvInvestigasi.com
Mesuji -Lampung
Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN)Angaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) yang merupakan sumber dana perimbangan Keuangan Pusat Dan Daerah,Jumlah Alokasi Dana yang di Berikan ke setiap Desa ,harus digunakan secara konsisten dan terkendali,Setiap kegiatan yang mengunakan Alokasi dana desa ,melalui tahapan dan proses,Perencanaan,Pelaksanaan Serta Evaluasi yang jelas dan berdasar prinsip,Segala bentuk Laporan yang di buat harus transparansi dan Akuntabel dalam pengelolan Alokasi dana Desa.

Selanjutnya Kepala Badan Lembaga Investigasi Badan Advokasi Penyelamat Aset Negara(BAPAN) DPD Provinsi Lampung Fery Saputra,bersama Angotanya Kabid Investigasi,Tobing Aprizal S.H ,Kabid Advokasi Iwan m Dahri S.H Bersma Awak Media GinewstvInvestigasi.com Provinsi Lampung ,Junaidi Sambangi kantor Desa Sido Mulyo ,kecamatan Mesuji ,Kabupaten Mesuji provinsi Lampung Kamis 27/02/2020.

Dalam hal ,Investigasi,konfirmas iserta Meminta Informasi,selaku kontrol sosial ,serta Peran serta masyarakat dalam Hal hak hak masyarakat,bertujuan mewujutkan transparasi pengelolaan pemanfatan dana desa,membangun desa,ekonomi yang berkeadilan.
Berdasarkan Informasi keterbukaan Publik ,Berdasarkan data yang di Peroleh tentang Realisasi angaran dana desa ,maka dalam investigasi meminta informasi,tentang Realisasi Angaran dana desa tahun 2019, dalam pelaksanaanya sejauh mana sudah diterapkan, di desa Sido Mulyo,kecamatan mesuji

DiDuga Angaran dana desa seperti ini
Pagu angaran yang akan di terima Rp.1.1M..

TAHAPAN KE 1
Rp.220.984.600.
24 Mei 2019.
Digunakan : PELAKSANA PEMBANGUNAN DESA

1.terselengaranya oprasional desa/pos kesehatan desa/ milik desa Rp. 6.3jt
2.Prasarana jalan desa/gorong gorong ,selokan,box/slab/culvert/Drinase prasarana jalan lainnya Rp. 20.6jt.
3.Poster /Baliho lainya Informasi desa APBDes,LPJ dan lainya
Rp. 960.000Rb.

Jumlah Total : yang di laksanakan
Rp 27.860.000

Sisa Angaran:
Rp.193.124.000

TAHAPAN KE 2

Rp.441.969.200
29 Agustus 2019

Di gunakan:
PELAKSANAN PEMBANGUNAN DESA

1.Prasarana jalan desa gorong gorong ,selokan ,Box/slab prasarana jalan lainya
Rp. 26.8 jt

2.Rehabilitasi /peningkatan/ pengerasan /jalan desa
Rp.178.2 jt.

Jumlah Total :yang di laksanakan /gunakan

Rp.205.000.000

SISA .Rp. 236.969.000

TAHAPAN 1 dan 2
Yang di salurkan
Rp .662.953.000

Yg di pergunakan
Rp.232.860.000

Jumlah sisa yg tidak di pergunakan tahapan 1 dan 2
Rp.430.093.000

TAHAPANN KE 3..
Sekiranya Rp.441.jt..+ 43O.093.jt = Rp.871.jt

Jadi total ..
Yg blm terpakai
Rp.871 JT…. Di termin ke 3 ..
Terkait Adanya sisa Rincian Realisasi dana desa tahapan satu dan tahapan dua ,Maka Hal ini yang di Minta Untuk bisa Memberikan Informasi serta penjelasannya,dalam Pelaksanaanya, selaku Kepala desa Sido Mulyo, Mu’Amar,S.Pd. , Di duga Engan memberikan Informasi terkait Realisasi Dana desa tahun 2019 yang menjadi kewenanganya ,selaku penyelengara Sebagai kepala desa Sido mulyo,kecamatan Mesuji ,nampak jelas dalam Laporan Rincian Realisasi Dana Desa terbagi ,menjadi :
1.Pembinaan Kemasyarakatan Desa
2.Penyelengara Pemerintahan Desa
3.Pelaksanaan Pembaguna Desa
4.Pemberdayaan Masyarakat Desa.
Di dalam Laporan Rincian Realisasi tahapan 1 dan 2 hanya ada kegiatan pengelolaan dana desa hanya di peruntukan “Pelaksanaan Pembangunan Desa” adapun Sisa Angaran dana desa tahapan 1 dan 2 .sekiranya sebesar Rp.4.30 juta ,sebagai penagung jawab akan angaran Enggan memberikan Informasi ,di hadapan beberapa awak media dan kelembagaan.

Selain itu “Mu’Amar,S.Pd. Menambahkan dalam penjelasaanya.,” Kalau mau minta keterangan Dana desa Langsung saja Ke Dinas PMD,Karna kami sudah di periksa Oleh Inspektoriat dan semua data ada di dinas PMD,”Ungkap Mu’Amar ,S.Pd.

Selajutnya team mencoba Menghubungi Kadis PMD Sunardi Melaui hand Phone seluler ,di beberapa kali tidak terjawab , serta SMS namun sampai saat ini belum terbalaskan 29/02/2020.
Dalam hal kelarifikasi ,serta kordinasi atas jawaban kepala desa Sido Mulyo “Mu Amar.S.Pd. , Saat team ,Sambangi Di kantor Desa .

Terkait hal ini ,Selaku kepala Badan Lembaga Investigasi Badan Advokasi Penyelamat Aset Negara (BAPAN) provinsi Lampung “Fery Saputra,Bersama Team Angota Bapan Beserta Awak Media Ginewstvinvestigasi.com
Akan menindak lanjuti,Intansi Intansi terkait serta akan dalami dalam Investigasi dana Desa Kembali bersama team .

Rilis : Junaidi
Kaperwil Prov.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *