KABID HUMAS POLDA JABAR : POLRES CIANJUR POLDA JABAR SIAP LUNCURKAN KANG JABUR (TUKANG NGAJAGA LEMBUR)

 289 total views

KEPOLISIAN NEGARA REPUBLIK INDONESIA
DAERAH JAWA BARAT
BIDANG HUBUNGAN MASYARAKAT

Read More

SIARAN PERS
TENTANG

KABID HUMAS POLDA JABAR : POLRES CIANJUR POLDA JABAR SIAP LUNCURKAN KANG JABUR (TUKANG NGAJAGA LEMBUR)

Jum’at (6/3/2020), bertempat di Pemda Kab Cianjur, Jl. Siliwangi No.40, Pamoyanan, Kec. Cianjur, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat berlangsung Kegiatan Rapar Koordinasi Persiapan Launching/Pengukuhan Satgas Keamanan Desa/Tukang Ngajagaan Lembur (Kang Jabur) di Kabupaten Cianjur.

Kegiatan Rapat Kordinasi tersebut dipimpin langsung oleh Kapolres Cianjur Polda Jabar AKBP. Juang Andi Priyanto, SI.K., S.H., M.Hum didampingi Plt. Bupati Cianjur H. Herman Suherman, ST, MAP., Dandim 0608/CJR Letkol Inf Hendra Dwi Ardani S.E., M.H., Kasubdit Bintibsos Dit Binmas Polda Jabar AKBP Basuni Harmad.

Adapun yang hadir dalam kegiatan tersebut para PJU Polres Cianjur, para PJU Kodim 0608/Cianjur, Asisten Bidang Adminitrasi dan Keuangan Setda Kabupaten Cianjur, Staf Ahli Bupati Bidang Hukum, Politik dan Pemerintahan, Staf Ahli Bupati Bidang Ekonomi Keuangan dan Pembangunan, Kepala DPMD Kabupaten Cianjur, Kasat Pol. PP Kabupaten Cianjur, Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Cianjur, Kepala Dinas Informasi, Komunikasi, Persandian dan Statistik Kabupaten Cianjur, para Camat Kabupaten Cianjur, para Kapolsek Jajaran Polres Cianjur, para Danramil Jajaran Kodim 0608/Cianjur, Kabag Pemerintahan Kabupaten Cianjur, Kabag Umum dan Keuangan Setda Kabupaten Cianjur, dan Kabag Humas dan Keprotokolan Setda Kabupaten Cianjur.

Kabid Humas Polda Jabar Kombes Pol. Drs. S. Erlangga menginformasikan bahwa Satgas keamanan desa yang selanjutnya disebut Kang Jabur dalam Bahasa Sunda Tukang Ngajaga Lembur adalah satu program unggulan Polres Cianjur untuk mencegah gangguan kamtibmas di wilayah pedesaan, mulai dari tingkat RT dan dusun di seluruh wilayah Kabupaten Cianjur yang dikoordinasikan oleh Pemda Cianjur bersama Forkopimcam dan kepala desa. Kang Jabur (tukang ngajagaan lembur) merupakan petugas sukarelawan yang dibentuk oleh kepala desa sebagai pengaman swakarsa, untuk melaksanakan tugas pencegahan dan pembinaan lingkungan warga.

Maksud dan Tujuan Kang Jabur adalah dapat mendorong kepada masyarakat untuk patuh dan taat serta menjunjung tinggi hukum lingkungan di wilayah pedesaan guna terbentuknya kadarkum. Kemudian membentuk kerukunan di masyarakat dan silaturahmi Kamtibmas yang handal, melalui sinergitas dengan menggerakkan potensi masyarakat di lingkungan RT/RW dusun guna terbentuk tanggung jawab masyarakat peduli Kamtibmas yang kondusif.

Tugas pokok Kang Jabur adalah Kang Jabur mampu melaksanakan tugas kepolisian terbatas secara rutin bersama tiga pilar dengan mengedepankan pelayanan kepada masyarakat yang Humanis serta mencegah gangguan Kamtibmas di wilayah koordinasi kepala desa dan bhabinkamtibmas serta Babinsa di lingkungan desa. Menjalankan tugas siskamling dan mengawasi tamu wajib lapor selama 1 x 24 jam, Menyelesaikan permasalahan gangguan Kamtibmas dengan mengedepankan problem solving. Membantu kejadian peristiwa bencana alam, kebakaran dan konflik lainnya. Melaksanakan patroli dialogis antisipasi ancaman gangguan seperti kerawanan sosial dan kriminalitas kenakalan remaja, tawuran warga, pengedaran miras, narkotika dan curanmor.

Bandung, 6 Maret 2020

Dikeluarkan oleh Bid Humas Polda Jabar
Jl. Soekarno Hatta No. 748 Bandung

Kontak Person
Kabid Humas Polda Jabar
KOMBES POL. Drs. S. ERLANGGA
NO.HP: 081277764545

Kasubbid Penmas Bid Humas Polda Jabar
AKBP Dra. SANTI GUNARNI
NO.HP: 081214505604

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *