Nelayan Swalow Desa Panggak Laut Sukses Menggelar Panen Udang Wanamei

 286 total views

Nelayan Swalow Desa Panggak Laut Sukses Menggelar Panen Udang Wanamei

Read More

LINGGA, Pemerintahan Desa Panggak Laut melalui Kelompok Nelayan Swalow sukses menggelar panen udang vanamei,pada hari Selasa (5/03/2020) 

Ratusan warga serta pejabat yang hadir, ikut menyaksikan panen perdana tambak udang vanamei.

Semula, panen dijadwalkan akan dilaksanakan saat umur udang telah genap mencapai 3 bulan, namun dikarenakan pertumbuhan yang sangat pesat, akhirnya diputuskan sudah boleh dipanen tepat pada usia 2 bulan 2 hari pada hari ini.

Kepala Desa Panggak Laut Ahmad memaparkan,’  panen perdana ini sekaligus menjawab rasa pesimis masyarakat yang sempat meragukan keberhasilan tambak udang di Desa Panggak Laut. Hari ini, kita telah melihat bersama, bahwa ini nyata dan bukan bohong

semenjak dibangunnya tambak ini, telah banyak masyarakat yang mulai tertarik untuk mengelola usaha yang sama. Mereka rela bergantian hadir memantau langsung ke lokasi tambak, bahkan ada yang rela turun langsung ke dalam kolam untuk mengusahakan agar udang-udang tersebut tidak mati saat listrik padam.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Lingga H.Kasiman mengatakan langkah yang ditempuh oleh Dinas yang dipimpinnya adalah melebihi dari sekedar menentang arus. Karena selama ini, bisa dikatakan bahwa hampir seluruh nelayan di Kabupaten Lingga merupakan nelayan tangkap, bukan nelayan tambak. Sehingga pada awalnya memang cenderung menghadapi pesisimisme dari masyarakat. Namun berkat kerja keras, serta studi-studi perikanan dan didukung oleh pemerintah daerah, akhirnya Desa Panggak Laut serta 5 Desa lainnya telah berhasil membudidayakan udang vanamei ini.

Wakil Bupati Lingga M.Nizar  mengucapkan syukur Alhamdulillah, hari ini kerja keras, kerja cerdas kita sudah mulai menampakkan hasil. InsyaAllah tambak udang ini sudah bisa menjadi pilot project bagi desa-desa yang lain yang memiliki potensi untuk dikembangkan seperti saat ini. 

Pemerintah Kabupaten Lingga bersama dengan DPRD Kabupaten Lingga akan selalu hadir untuk mendukung masyarakat terutama untuk membina sektor-sektor ekonomi baru bagi masyarakat. Hal tersebut senada dengan apa yang disampaikan oleh Bupati Lingga Alias Wello. (Iswandi)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *