Pengajian Akbar Dalam Rangka Hari Lahir (Harlah) TPA Darrul Khikmah

 547 total views

WAYKANAN Lampung, Pengajian Akbar dalam rangka Hari Lahir (Harlah) TPA Darrul Kp.bumi mulya, kec.pakuan ratu, minggu 08 Maret 2020 Sambutan tertulis Bupati Raden Adipati Surya Mengawali sambutan atas nama pribadi, Pemerintah dan Masyarakat Way Kanan saya menyambut baik kegiatan Pengajian Akbar dalam rangka Harlah TPA Darrul Khikmah pada hari ini. Semoga dari kegiatan keagamaan ini akan mendatangkan berkah dan manfaat bagi Kemajuan keluarga besar TPA Darrul Khikmah khusunya dan Umat Islam pada umumnya. Aamiin.
Kaum mislimin dan muslimat yang saya hormati,
Berbagai kasus penyimpangan perilaku yang melibatkan pelajar merupakan perkara yang sangat serius. Hal ini mengingat para pelajar adalah generasi penerus dan generasi pengganti estafet keberlangsungan sebuah bangsa. Penetrasi budaya dan pemikiran Barat yang sekuler-liberal merupakan salah satu akar masalah utama  kerusakan perilaku ini.
Pemikiran sekuler-liberal ini kini telah merambah bukan hanya ke lembaga pendidikan, dan  masyarakat bahkan institusi keluargapun tidak luput dari masalah ini. Islam melalui sistem pendidikannya merupakan konsepsi paripurna yang diturunkan Allah SWT kepada Rasulullah. Tujuan pendidikan Islam adalah melahirkan manusia yang beradab dan berkepribadian mulia. Bahkan Rasulullah diutus oleh Allah sebagai teladan yang memiliki akhlak yang agung.
Dalam perspektif Islam, pendidikan adalah suatu usaha sadar dan sistematis dalam mengembangkan potensi peserta didik. Pendidikan adalah juga suatu usaha masyarakat dan bangsa dalam mempersiapkan generasi mudanya bagi keberlangsungan kehidupan masyarakat dan bangsa yang lebih baik di masa depan. Keberlangsungan itu ditandai oleh pewarisan budaya dan karakter yang telah dimiliki masyarakat dan bangsa.
Dalam proses pendidikan, secara aktif peserta didik mengembangkan potensi dirinya, melakukan proses internalisasi, dan penghayatan nilai-nilai menjadi kepribadian mereka dalam bergaul di masyarakat, mengembangkan kehidupan masyarakat yang lebih sejahtera, serta mengembangkan kehidupan bangsa yang bermartabat.
Kaum mislimin dan muslimat yang saya hormati,
Taman Pendidikan Al-Quran atau Pondok pesantren adalah institusi pendidikan berbasis nilai Islam telah lama hadir untuk berkontribusi bagi pendidikan generasi umat, tidak terkecuali di Kabupaten Way Kanan. Melalui konsep dan implementasi pendidikan, TPA dan pesantren telah memberikan kontribusi signifikan terhadap upaya pembentukan generasi yang berakhlak mulia.
Untuk itu saya mengucapkan terimakasih kepada pendiri TPA dan Pondok Pesantren yang ada di Kabupaten Way Kanan termasuk TPA Darrul Khikmah yang tahun ini telah berusia 13 tahun. Mudah-mudahan TPA dan pondok pesantren yang ada di Kabupaten Way Kanan akan terus bertambah maju untuk mendidik generasi muda kita agar memiliki ilmu agama sebagai filter ditengah-tengah derasnya arus globaliasasi saat ini, yang memiliki dampak negatif dan positif bagi perkembangan generasi muda kita.
Hadirin yang saya hormati,
Demikian yang dapat saya sampaikan pada kesempatan ini. Semoga Allah SWT senantiasa memberikan kekuatan lahir bathin kepada kita semua dalam rangka memajukan pembangunan khususnya dibidang agama islam. Aamiin(***/Rahman)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *