Polres Tanggamus Data & Screaning Perbatasan, Bersama Gugus Tugas Penanggulangan Convid-19

 407 total views

Polres Tanggamus Data & Screaning Perbatasan, Bersama Gugus Tugas Penanggulangan Convid-19

Read More

Tanggamus – Antisipasi, pecegahan serta memutus mata rantai Carona Virus Disease (Covid-19) atau Virus Corona. Polres Tanggamus bersama gugus tugas pencegahan Covid-19 melaksanakan pendataan dan screening orang yang datang ke Kabupaten Tanggamus, Senin (30/03/2020).

Kegiatan dipusatkan di halaman rumah makan dani di Jalinbar Pekon Tiuh Memon Kecamatan Pugung Kabupaten Tanggamus, dan sebelum kegiatan tim gabungan terlebih dahulu melaksanakan apel di halaman rumah makan tersebut.

Kabag Ops Polres Tanggamus Kompol. Bunyamin, SH., mengatakan kegiatan bersama gugus tugas penanggulangan Corona Virus Disease (Covid-19) Kabupaten Tanggamus, sebagai upaya pencegahan masuknya Virus Corona di Kabupaten Tanggamus.

“Saat ini Polres Tanggamus, juga sedang melaksanakan operasi Aman Nusa II 2020 berlaku 19 Maret hingga 17 April 2020 terkait penanganan virus corona atau (Covid-19). Hal itu juga mendukung Gugus Tugas penanggulangan Covid-19 Tanggamus, “kata Kabag Ops Polres Tanggamus Kompol. Bunyamin, SH., mewakili Kapolres Tanggamus AKBP. Hesmu Baroto, SIK,MM.

Lanjutnya, apel gabungan pagi ini dipimpin oleh Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Daerah (BPBD) Kabupaten Tanggamus Ediyan M. Toha, SE,MM., dengan personel gabungan yang terlibat terdiri dari TNI, Polri, Dishub, Dinas Kesehatan, Pol PP serta Instansi terkait Pemkab Tanggamus.

“Personel terlibat kegiatan terdiri dari 15 personel TNI, 25 gabungan Polres, 10 Dishub, 10 Satpol PP, 50 Dinas Kesehatan dan 15 personel BNPB, “ujar Kabag Ops Polres Tanggamus Kompol. Bunyamin, SH.

Kabag Ops Polres Tanggamus Kompol. Bunyamin, SH., menjelaskan sasaran pemeriksaan meliputi pengemudi R4 umum dan pribadi yang membawa penumpang, khususnya dari pulau jawa yang akan memasuki Kabupaten Tanggamus.

“tindakan dengan menyemprot pengemudi dan penumpang, pemeriksaan, mencatat identitas, asal dan tujuan, direkap keterangan, kemudian diberika edukasi terkait pencegahan Corona Virus Disease (covid 19), selain barang bawaan juga di semprot Desinfektan, “jelas Kabag Ops Polres Tanggamus Kompol. Bunyamin, SH.

Ditambahkannya, pelaksanaan pendataan dan Screaning masyarakat yang masuk ke Kabupaten Tanggamus, hingga saat ini masih berlangsung dan tidak ditemukan adanya indikasi terpapar Corona Virus Disease (Convid-19).

“Masih berlangsung untuk jadwal pemeriksaan akan terus dilakukan sesuai jadwal dari Pemkab Tanggamus, hasil pemeriksaan hingga saat ini belum ditemukan masyarakat terindikasi Corona Virus Disease (Convid-19), “pungkas Kabag Ops Polres Tanggamus Kompol. Bunyamin, SH.

Untuk diketahui, pendirian pos pemantauan, Pendataan dan Screening berdasarkan hasil rapat gugus tugas penanganan Corona Virus Disease (Covid-19) di BPBD Kabupaten Tanggamus pada Jumat (27/03/2020) sore.

Kegiatan tersebut akan dilaksanakan hingga batas waktu yang tidak ditentukan atau status penanganan Corona Virus Disease (Convid-19) dicabut oleh Pemerintah.

Menurut Ketua Gugus Tugas Penanganan Corona Virus Disease (Covid-19), Sekda Kabupaten Tanggamus Drs.Hamid Heriansyah Lubis, M.Si., kesepakatan tim gugus tugas dirikan posko pemantauan dan Sekretariat Covid-19.
“Untuk posko pemantauan maksimal berdiri dua hari ke depan dan sekretariat maksimal satu hari ke depan sudah berdiri, “kata Sekda Kabupaten Tanggamus Drs.Hamid Heriansyah Lubis, M.Si., usai rapat Jumat kemarin.

Sekda Kabupaten Tanggamus Drs.Hamid Heriansyah, Lubis, M.Si., mengaku langkah tersebut diambil melihat kondisi dan situasi saat ini, maka kerja tim gugus tugas perlu ditingkatkan termasuk langkah yang diambil guna menekan penyebaran wabah Corona Virus Disease (Covid-19).

“Untuk pos pemantauan nanti diisi dari Kantor Kesbangpol, kepolisian, TNI, Satpol PP, Puskesmas. Tempatnya di Kecamatan Pugung Kabupaten Tanggamus, sebagai jalur masuk ke Kabupaten Tanggamus, “terang Sekda Kabupaten Tanggamus Drs.Hamid Heriansyah, Lubis, M.Si.

Ia menjelaskan gambaran sekilas tugas pos pemantauan untuk mendata orang yang masuk ke Kabupaten Tanggamus, kemudian diadakan pengecekan suhu tubuh dan pemeriksaan kesehatan lainnya.

“Tujuannya untuk meminimalisir penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19) masuk ke Kabupaten Tanggamus, dan segera memudahkan pendataan orang yang masuk ke Kabupaten Tanggamus, “pungkas Sekda Tanggamus Drs.Hamid Heriansyah Lubis, M.Si. (AWPI/Heri Apriyanto).

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *