Bupati Minta Kepada Tiga Kecamatan Untuk Mendata Orang Yang Baru Datang Dari Luar Wilayah Tamiang

 212 total views

Bupati Aceh Tamiang Minta kepada Tiga Kecamatan Untuk Mendata Orang Yang Baru Datang Dari Luar Wilayah Tamiang

Read More

Global Investigasi news co.id Aceh Tamiang – Bupati Aceh Tamiang H.Mursil, SH.M.Kn meminta kepada beberapa kecamatan yang berada di wilayah hilir pesisir Tamiang untuk memperketat pengawasan terhadap para pendatang baru yang masuk ke wilayahnya. Permintaan ini disampaikan Mursil saat mengunjungi 3 kecamatan sekaligus adapun kecamatan yang dikunjungi antara lain Seruway, Bendahara dan Banda Mulia pada , Selasa (31/03/2020) dalam rangka menyikapi pencegahan wabah covid-19.

“Kepada seluruh Aparatur Perangkat Kampung (APK) dalam 3 kecamatan saya minta agar aktif melakukan pengawasan dan menginventarisir data orang-orang atau warga yang baru datang dari luar wilayah kabupaten Aceh Tamiang”, ungkap Mursil

Permintaan orang nomor 1 di Bumi Muda Sedia ini, untuk memastikan asal-usul pendatang tersebut. Mursil juga katakan, beberapa hari belakangan desas-desus kabar kepulangan TKI dari negara tetangga mencuat ke tengah-tengah masyarakat kita, sehingga kabar ini, ia katakan sangat meresahkan masyarakat, ditambah lagi ketiga kecamatan ini merupakan wilayah hilir pesisir Tamiang yang mudah dijangkau oleh mereka melalui jalur laut.

Oleh karena hal ini, kemungkinan bertambahnya ODP menurut pantauan Humas akan terus meningkat, karena kepulangan para TKI ke Bumi Muda Sedia. Mursil juga menyebutkan, sebagai Pemerintah kita tidak melarang pulang ke tanah kelahirannya, namun sikap yang bisa diambil pemkab saat ini yaitu memperketat pengawasan kepada mereka untuk memeriksa kesehatan dan mengisolasikan diri sesuai arahan dan petunjuk dari tenaga medis yang siap siaga memeriksa kondisi kesehatan mereka.

Berkali-kali dalam forum tersebut Mursil menekankan agar para Datok agar awasi dan laporkan jika dari mereka tampak menderita gejala covid-19, sehingga nantinya mereka terdata dalam status ODP dan selanjutnya Pemkab bisa melakukan tahapan tahapan terkait penyebaran covid ini.

Dalam pertemuan ini, Mursil juga menyampaikan informasi dari Kementerian Desa melalui surat resminya, bahwa kepada kampung – kampung diseluruh penjuru Indonesia untuk membentuk Desa atau Kampung Tanggap Covid-19 dan Relawan Lawan Covid-19 melalui dana desa yang telah dikucurkan.

Tak lupa, selalu dalam pertemuan yang ia lakukan dalam pembinaan pencegahan covid-19, mensugestikan para hadirin untuk tidak panik, namun harus tetap menjaga diri dan keluarga dari penyebaran Covid-19.

“Virus ini bisa kita lawan, jika kondisi tubuh kita kuat dan sehat, makan makanan yang bergizi dan sehat serta menjaga kebersihan lingkungan, satu lagi yang jangan dilupakan laksanakan protokol (arahan) dari Pemerintah Pusat dan Daerah yang telah disosialisasikan melalui tingkat kecamatan hingga tingkat kampung”, tutup Mursil.(E)

Sumber humas Setdakab Aceh Tamiang.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *