PEKERJAAN PROYEK PAMSIMAS DI DESA SINTUNG DIDUGA “ASAL JADI” ???

 1,116 total views

Global Investigasi News Com

Read More

Sintung (GIN) 31-03-2020 Dusun Dasan Monto Desa Situng Kec. Pringgarata adalah salah satu desa penerima bantuan program PAMSIMAS yang dikerjakan tahun 2019 dengan anggaran sekitar RP. 225 juta namun sayang hasil pekerjaannya asal jadi dan belum bisa dinikmati oleh masyarakat serta terindikasi pekerjaannya tidak sesuai RAB dan spek sebagaimana lanyaknya bangunan proyek pada umumnya.

Salah satu warga yang tinggal di lokasi proyek Pamsimas inisil LA yang tidak mau disebutkan namanya ditemui oleh awak media menceritakan bahwa dari awal mulai pekerjaan beliau sudah menegur pekerja proyek agar kedalaman pondasi tiang cakar ayam digali sesuai kedalaman sebagaimana petunjuk gambar namun tidak dilakukan dan diabaikan lalu hanya digali dengan kedalaman kurang lebih 80 cm sehingga menurut kami selaku warga disekitar bangunan tersebut meragukan kekuatannya.

LA sambil menunjukkan awak media ke bangunan atas dak dan bak penampungan air diatas mengatakan pada saat pengecoran dak lantai untuk dibak air tersebut hanya menggunakan satu lapis besi beton dan dinding bak airnya juga menggunakan satu lapis besi beton , ruang bak airnya tidak diplester luar dan dalam apalagi diaci dan langsung dicat dan sekarang kodisi bak air sudah merembes dan bocor seperti yang terlihat sekarang ini.

LA melihat ada ketidak beresan di dalam proses pekerjaan dan di beberapa aitem pekerjaan dan pengadaan bahan yang tidak sesuai laporan dimana pada saat pekerjaan tidak ada pengadaan kayu balok namun muncul dinota dan kwitansi serta laporan ada pengadaan untuk bahan tersebut dan ini dipertanyakan sampe sekarang dimanakah bahan tersebut? Karena dikerjakan oleh masyarakat sendiri.

Kondisi bangunan Pamsimas hingga saat ini belum bisa dinikmati oleh warga sekitar karena belum dipasangkan Mesin pompa air dan meter Listrik dan kondisi pasangan dan penyambungan pipa airnya sudah banyak yang rusak karena pemasangannya tidak ditanam dalam tanah tetapi pemasangannya hanya ditempel di pinggir jalan disamping rabat jalan.

Herman selaku Kades Sintung yang dikompirmasi awak media dikantornya menjelaskan terkait proyek Pamsimas itu biliau tidak begitu tau persis karena itu Proyek Pusat dan dikerjakan oleh Kab. Namun siap akan dianggarkan melalui APBDes tahun 2020 ini untuk peyempurnaan agar segera bisa dinikmati oleh warga ungkapnya

Rudy selaku KKM pada proyek pekerjaan Pamsimas yang ditemui awak media di Kantornya tidak siap memberikan keterangan tetapi awak media diajak oleh beliau ke Kantor PU nanti di PU bersama Kabid akan kami berikan penjelasan takut saya salah infornasi katanya

Didepan Pak Sopiandi (Pak sopo ) selaku Kabid PU KKM memberikan penjelasan bahwa pekerjaan proyek Pamsimas sudah sesuai RAB dan siap akan memperbaiki serta menyelesaikannya sampai selesai tuntas dan pada kesempatan itu pak Kabid ( pak sopo) memberikan arahan agar segera menindak lanjuti apa yang jadi temuan dan keluhan masyarakat tersebut sehingga program Pamsimas ini bisa berkelanjutan di Lombok Tengah sarannya.

Dengan dimuatnya berita ini salah satu tokoh pemuda dusun Dasan Monto inisial AH berharap kepada pihak inspektorat atau APH agar jangan menutup mata atau pura pura tidak tau jangan sampai nanti masyarakat sudah ribut baru bertindak harapnya (mst)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *