Drainase Jebol Warga Desa Mangun Jayo Terancam Gagal Panen di Tengah COVID-19

  • Whatsapp

 450 total views,  1 views today

Drainase Jebol Warga Desa Mangun Jayo Terancam Gagal Panen di Tengah Covid19

Read More

Tebo, Globalinvestigasinews 20/04/2020, Drainase Air Mengalir (DAM) yang di bangun pada tahun 2019 di desa Mangun Jayo kecamatan Tebo Tengah Kabupaten Tebo Provinsi Jambi yang mengair persawahan milik warga desa seluas 30an hektar, Peristiwa ini terjadi pada senin pagi hari berakibat jebolnya Tanggul akibat tekanan air yang cukup kuat karena curah hujan dan luapan sungai Batang Hari (20/4/2020).

Jebolnya DAM ini di ketahui oleh warga yang melintas hendak pergi kesawah pada pagi hari karena DAM berada di posisi masuk ke areal persawahan warga.

“ Saat kami hendak ke sawah di dapati DAM sudah jebol,” ujar seorang warga kepada media ini.

Akibat jebolnya Drainase tersebut air mengalir dan merendam sawah dan di perkirakan sampai pada malam hari nanti jika tidak ada upaya untuk menahan air tersebut maka di pastikan semua sawah akan terendam dan seluruh padi yang telah tertanam oleh warga akan mati dan gagal panen.

“Saat ini sawah sudah terendam sebagian dan kemungkinan sampai malam nanti akan merendam seluruh areal sawah, jika air tidak surut juga dalam 4 sampai 5 hari ini maka padi akan mati, artinya warga desa Mangun Jayo akan gagal panen.” ujar marzuki tokoh pemuda desa Mangun Jayo.

Warga berharap ada perhatian segera dari pemerintah untuk dapat mengatasi masalah ini.(HrfGinews)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *