Lapdek Comunnity Sukabumi (LCS) dan Kosgoro Jawa Barat Berkontribusi Bantu Pemkot Dalam Pencegahan Covid-19

  • Whatsapp

 340 total views,  1 views today

Lapdek Comunnity Sukabumi (LCS) dan Kosgoro Jawa Barat Berkontribusi Bantu Pemkot Dalam Pencegahan Covid-19

Read More

-Sukabumi Kota , Global Investigasi News .Pemerintah Kota Sukabumi memberikan apresiasi atas kepedulian berbagai elemen warga dalam penanganan pencegahan penyebaran Covid-19. Termasuk aksi yang dilakukan Lapdek Community Sukabumi (LCS) dan Kosgoro Jawa Barat yang melakukan kegiatan penyemprotan disinfektan pada Rabu (22/4).

Pelepasan kegiatan tersebut langsung dilakukan Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi dengan didampingi Wakil Wali Kota Sukabumi Andri Setiawan Hamami dan Wakapolres Sukabumi Kota Kompol Sulaeman di Balai Kota Sukabumi. Dalam momen ini juga LCS memberikan bantuan masker.

” Semangat saling membantu harus didorong untuk menjadikan Sukabumi kita segera pulih menghadapi pandemi Covid-19,” ujar Wali Kota Sukabumi, Achmad Fahmi. Apalagi menyadari benar Covid-19 telah dinyatakan pandemi bukan berdampak di satu wilayah saja tetapi sudah ke berbagai wilayah.

Di mana ketika jadi pandemi, maka pelaksanaan penanganan tidak hanya dilakukan pemda tapi perlu dukungan berbagai pihak. Ada tiga bidang yang harus diperhatikan kesehatan, sosial kemasyarakatan dan ekonomi. Dalam artian tidak hanya kesehatan, melainkan memperhatikan masalah sosial kemasyarakatan.

Dari data yang dihimpun ada sebanyak 73 ribu kepala keluarga (KK) di Kota Sukabumi yang harus mendapatkan jaring pengaman sosial. Penanganannya ada yang menjadi kewenangan pusat, provinsi, dan kota/kabupaten.

Diperkirakan dari 73 ribu KK, yang ditangani pemkot sebanyak 27 ribu dan jumlahnya masih sangat besar. Harapannya ungkap Fahmi, Covid-19 memunculkan kebersamaan dan mari bergerak bersama untuk mewujudkan Sukabumi yang kondusif.

Oleh karenanya perlu dukungan dan akselerasi memutus mata rantai khususnya dalam edukasi warga. ” Ketika keluar rumah wajib memakai masker hal ini untuk mencegah penyebaran Covid-19,” ujar Fahmi.

Hal ini sejalan dengan kajian epidemiologis dalam penanganan Covid-19 yakni lakukan dua hal saja yakni warga wajib gunakan masker dan physical distancing dalam memutus mata rantai, selain itu melakukan penyemprotan disinfektan.

” Selain itu pemkot menggulirkan program Keluarga Asuh atau peduli tetangga,” kata Fahmi. Di mana satu keluarga mampu menjadi keluarga asuh tetangganya yang tidak mampu sebanyak dua KK.

Program ini kata Fahmi, akan akan menguatkan ketahanan warga dan menjaga kondusivitas kota. Dengan edukasi warga gunakan masker dan sosialisasikan keluarga asuh atau peduli pada tetangga dalam menjalin kebersamaan.

Sekjen LCS Beni Mustari mengatakan, aksi penyemprotan disinfektan dan pembagian masker karena LCS merasa menjadi bagian keluarga besar Sukabumi. Kegiatan ini bekerjasama dengan Kosgoro Jawa Barat.

” Semoga kegiatan ini dapat membantu dalam pencegahan penyebaran Covid-19 di Kota Sukabumi,” kata dia. Penyemprotan disinfektan ini menggunakan sarana mobil pemadam kebakaran (Damkar) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Sukabumi dan mobil water canon Polres Sukabumi Kota,”Pungkasnya (Pepen Supendi Ijuy )     

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *