Bupati Pati Serahkan Bantuan Sosial Tunai (BST) Tahap Satu

 232 total views

Bupati Pati Haryanto hari ini (13/5) menyerahkan secara simbolis Bantuan Sosial Tunai (BST) tahap I, di Kantor Pos Cabang Pati.
Bantuan ini ditujukan bagi 12.405 Keluarga Penerima Manfaat (KPM). “Adapun jumlah awal usulan bantuan yang diajukan Kabupaten Pati untuk BST ini sejumlah 29 ribu. Dimana dengan jumlah yang mencapai 29 ribu tersebut, diharapkan dapat meringankan beban pemerintah desa serta pemerintah daerah dalam rangka penanganan pandemi Covid-19”, ujarnya.
Bantuan untuk masyarakat Pati menurut Haryanto bermacam-macam. “Ada program PKH, BPNT, BST, BLT Desa, dan BLT Pemda, dimana bantuan ini untuk mengatasi dampak dari Covid-19. Dan untuk BST kali ini adalah BST bulan April, akan tetapi pencairan pada bulan Mei karena sebelumnya ada verifikasi data. Namun nantinya yang diterima KPM tetap untuk tiga bulan”, jelasnya.
Lebih lanjut Bupati menuturkan bahwa pihaknya sebelumnya telah mengusulkan BST sebanyak 29 ribu, akan tetapi sampai saat ini yang turun baru sejumlah 12.405.
“Dengan jumlah 29 ribu tersebut, harapannya nanti pemerintah desa menjadi ringan, pemerintah daerah juga akan ringan karena ini khusus dalam rangka penanganan pandemi Covid-19”, imbuhnya.
Terkait data, Bupati Haryanto mengatakan semua agar dimusdeskan.
“Ya ini dimusdeskan, jujur aja ya memang data ini di desa itu kita tidak menampik ada semacam ketidaksesuaian. Karena di lapangan yang sebenarnya orang itu tidak layak dapat, malah dapat. Tapi ya ada yang mestinya dapat malah nggak dapat. Nah, ini yang nanti akan kita cover dari Dana Desa maupun dari Pemkab. Maka dari itu prosesnya agak lambat karena kami berupaya agar tidak ada tumpang tindih”, jelasnya.
Lebih lanjut Bupati menuturkan bahwa untuk BST tahap I ini penerima mendapatkan sebesar Rp 600 ribu rupiah. “Dan itu untuk tiga bulan”, pungkasnya.(hms/ari)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *