“OBROLAN WARUNG KOPI”, Petahana Terlalu Kuat Apa Ada Calon Penantang di Pilkada 2020 Tanjab Timur ??

 955 total views

“OBROLAN WARUNG KOPI”
Petahana Terlalu Kuat Apa Ada Calon Calon Dari Partai Yang Akan Menantang Petahana di Pilkada 2020 Tanjab Timur.

Read More

Tanjabtimur-GlobalInvestigasi.com.2020/06/21.
Sebelum masuk dalam tulisan inti, perlu dijelaskan di sini kalau petahana artinya adalah pihak yang berkuasa. Kata yang keren yang sering digunakan oleh para pengamat dan analis politik adalah incunbent. Kita mungkin sudah tahu kalau akhir tahun ini pilkada 2020 serentak untuk pertama kalinya akan diselenggarakan di seluruh Indonesia.

Petahana yang belum menjabat selama dua periode berturut-turut boleh bertarung lagi dalam pilkada selanjutnya.
Memang dalam praktiknya sang petahana tidak bisa langsung menang meskipun telah berkuasa selama lima tahun sebelumnya. Tapi jika pengaruhnya sangat kuat, hampir dapat dipastikan kandidat petahana itu sulit dikalahkan oleh calon penantang.

Dengan kemampuan politiknya yang masih ada, petahana bisa memanfaatkannya untuk merebut simpati calon pemilih.

Jika penantang petahana tak punya program yang memikat, apalagi kalau ternyata hanya mulut yang manis, petahana akan kembali berkuasa untuk periode keduanya.

Salah satu contoh Pilkada 2020 Kabupaten Tanjab Timur. mulai beriak dengan mendaftarnya sang petahana melalui jalur Independen.
Manuver politik pun mulai menggelinding, walau masih terkesan samar.

Hal ini terlihat dengan masih menunggunya beberapa partai politik untuk menetapkan para bakal calonnya yang telah mendaftar atau melalui mekanisme internal, seperti dilakukan. Golkar. PDIP. Nasdem. Gerinda. PKB dan Hanura, partai partai ini di luar Partai PAN yang Notabene memiliki 17 kursi di DPRD Tanjung Jabung Timur.

Sikap saling menunggu dan mengintai itu, didasarkan juga pada tingkat elektabilitas para bakal calon yang akan berlaga pada nantinya.

Walau begitu, calon petahana dari Jalur Independen masih tetap unggul di berbagai lini santer yang beredar di masyarakat. 
Elektabilitasnya masih nomor satu sampai saat ini.
Walau dimaklumi, politik itu sangat cair dan tak terprediksi. 

Elektabilitas calon petahana dalam pilkada, kerap menjadi momok bagi para kandidat lainnya dalam berkontestasi. 

Tips untuk mengalahkan calon petahana pun menjadi hal menarik dicari. Baik melalui berbagai analisa pakar politik, lembaga survei, hingga pernyataan dari beberapa para jurnalis Senior, LSM dan masyarakat yang belakangan ini sangat menarik membahasnya di Obrolan warung kopi”.(T111K).

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *