HATI TENANG KARENA IMAN

  • Whatsapp

 13,047 total views,  1 views today

Oleh : Tenor Amin Sutanto

Read More

HATI TENANG KARENA IMAN

Saudaraku..
Hidup di dunia ini tidak selamanya sesuai impian dan harapan.

Senang dan susah, tenang dan tegang, aman dan perang, nikmat dan ujian semua datang silih berganti.

Jika hati manusia tidak dibekali iman sudah pasti mereka akan mudah stres bahkan depresi, tidak sedikit yang akhirnya bunuh diri.

Oleh karena itu saudaraku..
Bahagialah orang yang beriman, yang selalu siap menghadapi keadaan apapun.

Apabila diberikan kenikmatan mereka selalu bersyukur, dan jika diberikan ujian atau musibah mereka bersabar.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

عَجَبًا لأَمْرِ الْمُؤْمِنِ إِنَّ أَمْرَهُ كُلَّهُ خَيْرٌ وَلَيْسَ ذَاكَ لأَحَدٍ إِلاَّ لِلْمُؤْمِنِ إِنْ أَصَابَتْهُ سَرَّاءُ شَكَرَ فَكَانَ خَيْرًا لَهُ وَإِنْ أَصَابَتْهُ ضَرَّاءُ صَبَرَ فَكَانَ خَيْرًا لَهُ

“Sungguh menakjubkan keadaan seorang yang beriman. Keadaaannya selalu baik. Ini tidaklah didapati kecuali pada orang yang beriman. Jika mendapatkan kesenangan, maka ia bersyukur. Itu baik baginya. Jika mendapatkan kesusahan, maka ia bersabar. Itu pun baik baginya.” (HR. Muslim)

Allah Ta´ala berfirman:

وَلَـنَبْلُوَنَّكُمْ بِشَيْءٍ مِّنَ الْخَـوْفِ وَالْجُـوْعِ وَنَقْصٍ مِّنَ الْاَمْوَالِ وَالْاَنْفُسِ وَالثَّمَرٰتِ ۗ وَبَشِّرِ الصّٰبِرِيْنَ

الَّذِيْنَ اِذَاۤ اَصَابَتْهُمْ مُّصِيْبَةٌ ۙ قَالُوْۤا اِنَّا لِلّٰهِ وَاِنَّـاۤ اِلَيْهِ رٰجِعُوْنَ

“Dan Kami pasti akan menguji kamu dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa, dan buah-buahan. Dan sampaikanlah kabar gembira kepada orang-orang yang sabar,”
yaitu) orang-orang yang apabila ditimpa musibah, mereka berkata Inna lillahi wa inna ilaihi raji’un (sesungguhnya kami milik Allah dan kepada-Nyalah kami kembali).”
(QS. Al-Baqarah:155-156)

Orang yang beriman yakin bahwa segala musibah yang terjadi atas izin dan kehendak Allah. Semuanya sebagai ujian atas keimanannya.

Allah Ta´ala berfirman:

مَاۤ اَصَابَ مِنْ مُّصِيْبَةٍ اِلَّا بِاِذْنِ اللّٰهِ ۗ وَمَنْ يُّؤْمِنْۢ بِاللّٰهِ يَهْدِ قَلْبَهٗ ۗ وَاللّٰهُ بِكُلِّ شَيْءٍ عَلِيْمٌ

“Tidak ada suatu musibah yang menimpa (seseorang), kecuali dengan izin Allah; dan barang siapa beriman kepada Allah, niscaya Allah akan memberi petunjuk kepada hatinya. Dan Allah Maha Mengetahui segala sesuatu.”
(QS. At-Taghabun 64: Ayat 11)

Mereka yakin bahwa ujian yang Allah berikan sebagai tanda kecintaan Allah kepada dirinya.

Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam bersabda:
إِنَّ عِظَمَ الْجَزَاءِ مَعَ عِظَمِ الْبَلاءِ ، وَإِنَّ اللهَ إِذَا أَحَبَّ قَوْمًا ابْتَلاهُمْ ، فَمَنْ رَضِيَ فَلَهُ الرِّضَا ، وَمَنْ سَخِطَ فَلَهُ السُّخْطُ » .

´´Sesungguhnya besarnya pahala tergantung dari besarnya ujian. Dan jika Allah mencintai suatu kaum maka Allah akan menguji mereka, barang siapa yang ridha maka Allah pun Ridha kepadanya. Barang siapa yang benci maka Allah pun akan membencinya. (HR. Tirmidzi)

Semoga Allah ta´ala senantiasa memberikan taufik kepada kita semua agar diberikan keimanan yang kuat sehingga bisa selalu tenang dalam menghadapi segala keadaan. Amin amin amin

🇮🇩🇮🇩🇮🇩🙏🏻🤲🏻🙏🏻🇮🇩🇮🇩🇮🇩

                                                                                        .

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *