HASIL SWAB NEGATIF EMPAT WARGA PINTUBOSI LAGUBOTI DIPULANGKAN DARI RUMAH SAKIT

  • Whatsapp

 19,700 total views,  1 views today

HASIL SWAB NEGATIF EMPAT WARGA PINTUBOSI LAGUBOTI DIPULANGKAN DARI RUMAH SAKIT.

Read More

GlobalinvestigasiNews.Com Pasien Dalam Pemantauan (PDP) yang menjalani karantina di Rumah Sakit Umum Daerah Porsea ,Sabtu (11/7/2020) ,dipulangkan

Empat warga Desa Pintubosi Kecamatan Laguboti itu dinyatakan negatif setelah melakukan rangkaian test kesehatan baik Rapid Test dan Swab .

“Iya kami jemput dari rumah sakit setelah dikarantina untuk dilakukan pemeriksaan kesehatan .Dua kali di rapid test hasilnya reaktif .Setelah itu kita lakukan pemeriksaan lanjutan dengan mengirim ke rumah sakit Tarurung ,Tapanuli Utara dan hari ini kita dapat konfirmasi hasilnya negatif,”Kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Toba, dr.Juliwan Hutapea saat itu didampingi Sitinuraya Sirait ,SKM,M.Kes mewakili jurubicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid -19 Kabupaten Toba usai melakukan edukasi kepada keluarga dan masyarakat sekitar.

Juliwan menjelaskan ,ke empat pasien tersebut menjalani karantina dan rapid test setelah kontak dengan salah satu anggota keluarga yang bersomisili di Kabupaten Batubara yang terkonfirmasi positif Covid -19 .

“Setelah gugus tugas dikonfirmasi ada keluarganya yang terkonfirmasi positif corona dan pernah pulang ke Pintubosi selama tiga hari , kita langsung lakukan penelusuran pada keluarga atau orang dekat yang pernah kontak langsung dengan pasien guna mengantisipasi penularan .Kita pun merapid test lima orang dan hasilnya satu orang non reaktif empat orang reaktif dan kita lakukan karantina di rumah sakit kemudian dilakukan pemeriksaan paru -paru dan test swab hasilnya Puji Tuhan ,negatif .Mereka ber empat tidak sakit mereka sehat”ujar Juliwan.

Namun demikian ,lanjut Juliwan keempat orang tersebut wajib mengikuti protokol melakukan isolasi mandiri selama 14 hari di rumahnya .Dia juga menyampaikan harapannya agar seluruh masyarakat ikut serta dalam memutus mata rantai penyebaran virus Corona dengan mengikuti anjuran pemerintah Jaga Jarak ,Pake Masker dan sering cuci tangan .

Parsaoran Pangaribuan (51) mewakili keluarga yang baru dipulangkan kerumahnya mengaku gembira dapat kembali kerumahnya setelah selama 3 hari dikarantina di Rumah Sakit.

“Mewakili keluarga saya mengucapkan terimakasih kepada pemerintah dan gugus tugas yang telah perduli dengan kesehatan keluarga saya .Kini kami sudah dapat kembali hidup beraktivitas seperti biasa ,”Kata Parsaoran Pangaribuan .

Meski demikian ,Parsaoran mengaku sangat sedih atas berita -berita di media sosial yang sempat membuat mereka prustasi dan marah .Untuk itu Parsaoran meminta kepada Gugus Tugas kiranya bersedia memberitakan kepada seluruh masyarakat bahwa dirinya bersama keluarganya tidak benar terpapar Covid -19 atau Corona.

Kepala Desa Pintubosi ,Henri Pangaribuan dalam kesempatan itu megungkapkan rasa syukurnya karena keempat warganya itu sehat dan dapat kembali kerumahnya.

“Syukur pada Tuhan ,Bapak Parsaoran Pangaribuan ,ibu Rismanita br Sinaga ,oppung Reni Napitupulu dan Giopani Pangaribuan ,dapat kembali bergabung dengan kita di desa ini .Mewakili desa ini ,saya mohon maaf jika ada praduga masyarakat yang membuat ketersinggungan keluarga ini .Namun ,saya perlu menjelaskan bahwa semua itu adalah merupakan efek protokol dari pemerintah yang memang harus kita lakukan .Mengenai anjuran dari Gugus Tugas yang mana keluarga ini harus melakukan isolasi mandiri selama dua minggu ,saya sebagai kepala desa mewakili pemerintah mengatakan siap memberikan sembako selama waktu karantina mandiri pada keluarga ini “tegas Kades .

Dalam Kesempatan edukasi itu juga hadir Camat Laguboti Pintor Pangaribuan .Kepala Puskesmas Laguboti ,mewakili Danramil Laguboti , Bindes dan warga sekitar. (Bram/sdgs)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *