USAHA KERAJINAN SENDOK TERBUAT DARI TEMPURUNG KELAPA !!

 3,755 total views

USAHA KERAJINAN SENDOK TERBUAT DARI TEMPURUNG KELAPA .!!

Read More

GI”NEWS Loteng”

“21 juli 2020 edi wartawan global”

Bakan”Perajin menata sendok dari limbah tempurung kelapa di salah satu dusun kelembuk desa bakan kecamatan janapria Kab.Lombok tengah, Usaha Kecil masyarakat dusun kelembuk AMAQ HAIRIAH dari tahun 2000 tidak pernah mendapatkan perubahan karna dari segi modal yang tidak mencukupi.salah satu dari pengerajin tempurung Amaq Supeng juga di jumpai awak media”mengatankan”pembuatan sendok dari tempurung ini sebenarnya tidak terlalu rumit tergantung dari kemauan misalkan kalau rajin membuat satu hari saya bisa mendapatkan 40 sendok siap di pasarkan .katanya”

Tempurung atau yang sering akrab kita sebut “tangken: merupakan bagian luar dari buah kelapa yang biasa kita maanfaatkan sebagai kayu bakar, dan mungkin beberapa orang membuangnya begitu saja karena menganggapnya kurang berguna. Padahal tempurung kelapa ini bisa kamu manfaatkan untuk banyak hal, yang paling mudah” kamu bisa memanfaatkanya menjadi sendok sayur . Oleh sebab itu dari pada terbuang begitu saja, kamu bisa menjadikanya berbagai macam sendok dan lain lain.

sendok yang terbuat dari kulit kelapa ini mereka jual dengan harga 1500 ( seribu lima ratus)per satu sendok dengan keterbatasan modal pengerajin Amaq hairiah sangat mengaharapakan ada bantuan pinjaman dari desa seperti uang BUMDES desa “kalau saya ada modal kemungkinan besar pendapatan saya jauh lebih besar dari penghasilan yang sekarang. pembuatan sendok ini dengan hasil yang pas pasan hanya untuk menyambung hidup sehari hari. tuturnya”globalinvestigasinews.com

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *