Erosi Sungai Tamiang Mengancam Sejumlah Rumah Warga Di Kecamatan Tamiang Hulu

  • Whatsapp

 31 total views,  3 views today

Erosi Sungai Tamiang Mengancam Sejumlah Rumah Warga Dikecamatan Tamiang Hulu.

Read More

Global Investigasi news co.id Aceh Tamiang – Menyusul terjadinya erosi disungai tamiang di lintasan Kampung Perkebunan Pulau Tiga, Kecamatan Tamiang Hulu, Kabupaten Aceh Tamiang mengakibatkan sejumlah rumah warga dikawasan tersebut terancam amblas ke sungai.

Informasi di peroleh Media Ini menyebutkan, erosi sungai tersebut sudah berlangsung lama, tetapi belum ada penanganan secara serius oleh instansi terkait dijajaran Pemerintahan Aceh Tamiang.

Kondisi erosi sungai yang cukup parah dengan pondasi tanah tebing sungai mulai runtuh akibat terkikis air aliran sungai Tamiang, hal tersebut semakin mengkhawatirkan warga yang rumah mereka tepat berada dibelakang terusan sungai ini. Dari kabar yang diperoleh juga warga berharap segera adanya penanganan dari pemerintah daerah agar rumah mereka tidak tercebur kedasar sungai.

Sementara itu, Datok Kampung Perkebunan Pulau Tiga, Miswandi pada Rabu (30/02/2020) membenarkan, bahwa sejumlah rumah warganya terkena erosi sungai dan harus segera ditangani secepat mungkin. ” Jangan sampai rumah warga tergurus erosi baru ditangani, ” tegasnya.

Disebutkannya, akibat terjadinya erosi ini terdapat sekitar 15 rumah warga di lintasan aliran sungai kawasan jembatan gantung, Lorong Tempel, Dusun Jaya kondisinya sangat memprihatinkan, bahkan beberapa rumah bagian dapurnya sudah terkena erosi.

” Pada tahun 2018 telah kita usulkan dan sudah masuk dalam Musrmebang kecamatan serta menjadi usulan prioritas tingkat kecamatan untuk dibahas di Musrembang kabupaten, ” ujar Miswandi sembari menambabkan, tahun 2018 lalu juga sudah pernah di tinjau oleh BPBD Provinsi Aceh setelah dilaporkan oleh Camat Tamiang Hulu yang saat itu masih dijabat Iman Suheri.

Datok Miswandi mengharapkan kepada Pemerintah Aceh Tamiang maupun Pemerintah Aceh agar segera membangun penahan tebing sungai yang sudah longsor, sehingga warga yang rumahnya di bantaran sungai tersebut bisa merasa tenang serta tidak merasa khawatir lagi. (E/RE).

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *