“Sabar Adalah Sebuah Perintah Dalam Islam”

  • Whatsapp

 144 total views,  1 views today

Sabar adalah sebuah perintah dalam Islam yang meliputi ketekunan, kegigihan, ketabahan hati, menahan nafsu, dan pengendalian diri. Dalam Islam sabar menempati posisi yang mulia.

Read More

Dan bukan suatu kebetulan jika Allah SWT akan memberikan kemuliaan bagi hamba-hambaNya yang selalu bersabar. Hal ini karena sabar merupakan sebuah sikap yang sangat berat untuk dijalani, namun demikian kesabaran akan menjadi sebab-sebab bagi tercapainya segala cita-cita.

Sabar adalah sebab untuk bisa mendapatkan berbagai kebaikan dan menolak berbagai keburukan. Hal ini sebagaimana diisyaratkan oleh firman Allah ta’ala, “Dan mintalah pertolongan dengan sabar dan shalat.” (QS. Al Baqarah : 45).

Yaitu mintalah pertolongan kepada Allah dengan bekal sabar dan shalat dalam menangani semua urusan kalian. Begitu pula sabar menjadi sebab hamba bisa meraih kenikmatan abadi yaitu surga. Allah ta’ala berfirman kepada penduduk surga, “Keselamatan atas kalian berkat kesabaran kalian.” (QS. Ar Ra’d [13] : 24).

Yang harus dipahami oleh orang beriman adalah, bahwa cobaan kadang dapat meninggikan derajat seorang muslim di sisi Allah dan tanda bahwa Allah semakin menyayangi dirinya. Dan semakin tinggi kualitas imannya, semakin berat pula ujiannya.

Namun ujian terberat ini akan dibalas dengan pahala yang besar pula. Sehingga kewajiban kita adalah bersabar. Sabar ini merupakan tanda keimanan dan kesempurnaan tauhidnya.

Demikian pentingnya Sabar dalam Islam, sehingga Allah SWT memberikan janji-janji dan kabar gembira bagi siapapun hamba-hambanya yang bisa bersabar dalam segala situasi. Berikut diatanra janji Allah dalam Al-Qu’ran bagi orang yang sabar.

  1. KECINTAAN DARI ALLAH SWT

Orang yang sabar akan mendapat kecintaan Allah SWT. Dan kesabaran juga mnjadi bukti cinta Allah kepada Makhluk. Sebagaimana firman Allah dalam Al-Qur’an :
وَاللّهُ يُحِبُّ الصَّابِرِينَ
“Dan Allah Mencintai orang-orang yang sabar.” (QS.Ali Imran:146)

  1. PERTOLONGAN DARI ALLAH SWT

Saat membutuhkan pertolongan Allah, sadarilah bahwa ada cara yang perlu kita tempuh. Mintalah pertolongan kepada Allah SWT, dan Allah akan memberikan pertolongan kepada orang-orang yang sabar dan mendirikan shalat. Sebagaimana firman Allah dalam Al-Qur’an :

“Mintalah pertolongan Allah dengan sabar dan shalat. Dan sesungguhnya yang demikian itu sungguh berat kecuali bagi orang-orang yang khusyu’, (yaitu) orang-orang yang meyakini bahwa mereka akan menemui Tuhannya dan bahwa mereka akan kembali kepada-Nya”. (QS. Al-Baqarah: 45-46)

  1. TEMPAT TINGGAL DI SYURGA

Allah SWT menegaskan bahwa tiada pahala yang pantas bagi orang yang sabar kecuali temapt tinggal di Surga. Hal ini sebagaimana firman Allah dalam Al-Qur’an
أُوْلَئِكَ يُجْزَوْنَ الْغُرْفَةَ بِمَا صَبَرُوا
“Mereka itu akan diberi balasan dengan tempat yang tinggi (dalam surga) atas kesabaran mereka.” (QS.al-Furqan:75)

  1. PAHALA YANG TAK TERBATAS

Orang-orang yang sabar dijanjikan Allah dengan pahala yang tidak terbatas. Ini merupakan sebuah penegasan dari Allah SWT bahwa sabar merupakan sikap dan perbuatan yang amat mulia, sehingga layak untuk diberikan pahala yang tidak terbatas.

إِنَّمَا يُوَفَّى الصَّابِرُونَ أَجْرَهُم بِغَيْرِ حِسَابٍ

Allah Berfirman dalam Al-Qur’an : “Hanya orang-orang yang bersabarlah yang disempurnakan pahalanya tanpa batas.” (QS.Az-Zumar:10)

  1. KABAR GEMBIRA DARI ALLAH SWT

Allah juga menjanjikan kabar gembira bagi orang-orang yang mau bersabar dari berbagai ujian maupun kesulitan yang Allah berikan. Karena dibalik kesulitan dan kesedihan tersebut Allah memberikan “kegembiraan” bagi orang-orang yang sabar dalam melewati ujian-ujian yang Allah berikan.

Allah SWT berfirman :

وَبَشِّرِ الصَّابِرِينَ

“Dan sampaikanlah kabar gembira kepada orang-orang yang sabar.” (QS.al-Baqarah : 155)

🇮🇩🇮🇩🇮🇩🙏🏻🤝🙏🏻🇮🇩🇮🇩🇮🇩

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *