Kunjungan Kerja DPRD Kabupaten Bangka, Belajar Mengenai Retribusi Pajak

 260 total views

kunjungan Kerja DPRD Kabupaten Bangka, Belajar Mengenai Retribusi Pajak

Read More

Sekayu, Musi Banyuasin – Sriwijayaterkini.co.id Tingginya capaian target Badan Pengelola Pajak dan Retribusi Daerah (BPPRD) Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) setiap tahunnya dalam Pendapatan Asli Daerah (PAD) mendapatkan sorotan. Kali ini Komisi II DPRD Kabupaten Bangka Provinsi Bangka Belitung melakukan kunjungan kerja dalam rangka belajar mengenai retribusi pajak di Kabupaten Muba.

Kepala BPPRD Kabupaten Muba H Riki Junaidi AP MSi didampingi Sekretaris BPPRD, Ardiansyah SE MM mengatakan pihaknya menyambut baik atas kunjungan kerja Anggota Komisi II DPRD Kabupaten Bangka.

“Mereka kesini dalam rangka melakukan study banding tentang pengelolaan pendapatan asli daerah di BPPRD Kabupaten Muba, pada saat diskusi dan tanya jawab banyak Hal-Hal yang dilakukan di Kabupaten Muba yang akan mereka tiru, dan akan diterapkan ditempat asal. Khususnya dalam memberikan pelayanan publik pajak dan rertibusi daerah sehingga dapat mengoptimalkan PAD,”kata Ricky, Selasa (22/9/20).

Lanjutnya, Kabupaten Muba memang beruntung karena kaya akan SDA, sehingga besar untuk Dana Bagi Hasil dari pusat. Namun walaupun demikian, BPPRD tetap berusaha dan komitmen setiap tahun PAD harus naik, karena tidak bisa selamanya bergantung hasil DBH dari pusat tersebut.

“Untuk itu dalam mengoptimalkan PAD, kami menerapka beberapa strategi dalam peningkatan penerimaan daerah. Ini sudah yang ke 13 kalinya BPPRD Muba dijadikan tempat belajar oleh kabupaten-kota yang ada di Sumsel maupun luar Sumsel,”ungkapnya.

Selain dari itu strategi yang telah dijalankan yaitu Pelayanan Pajak Daerah Keliling (PAPA DARLING) dan Sosialisasi Menuju Masyarakat Sadar Pajak (MAMA SAPA). Selanjutnya meningkatkan Kapasitas SDM Pengelola Pajak, Penerapan IT dalam pengelolaan dan pelayanan perpajakan, Penyempurnaan sistem dan prosedur pajak dan retribusi daerah, Penyamaan SPT lebih awal, penambahan WP baru dan validasi data WP.

“Karena kinerja kita sebagai perangkat daerah pengelola pajak dan retribusi, dapat diukur dengan Pencapaian target dan realisasi. Oleh karena itu kami juga menyediakan Dashboard Realisasi Penerimaan pajak di website BPPRD. Untuk Inovasi yang sedang dikembangkan saat ini yaitu E-RETRIBUSI, E-POTENSI, E-DATA dan SMS Gateway,”jelasnya.

Sementara itu, Ketua Komisi II DPRD Kabupaten Bangka, Imelda, mengungkapkan kunker Komisi II Kabupaten Bangka ini dalam rangka melihat pengelolaan dan pecapaian PBB dan PPHTB Kabupaten Muba. Disamping itu kami takjub melihat Kabupaten Muba yang melampui target PAD setiap tahunnya.

“Kami bangga dengan capaian realisasi PAD, PBB, PPHTB Kabupaten Muba setiap tahunnya yang melampui target. Jadi hari ini kita belajar bagaimana hal serupa diterapkan di Kabupaten Bangka,”ungkapnya.(Ariansyah)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *