POLDA JABAR SIAP UNTUK MENGAMANKAN PILKADA SERENTAK 2020

 343 total views

SIARAN PERS

Read More

POLDA JABAR SIAP UNTUK MENGAMANKAN PILKADA SERENTAK 2020

Dir. Intelkam Polda Jabar Kombes Pol. Dedy Kusuma Bakti, S.I.K., M.T.C.P., melalui Kabag Analis Dit Intelkam Polda Jabar AKBP. Dr. I Ketut Adi Purnama, S.H.,M.H., menyatakan ada 8 Kota/Kabupaten di Jawa Barat yang melaksanakan Pilkada Serentak tahun 2020. Terdapat 8 Kota/Kabupaten yang melaksanakan Pilkada 2020, namun yang masuk ke wilayah hukum Polda Jabar, hanya 7 kota/kabupaten yaitu Kab. Bandung, Kab. Cianjur, Kab. Sukabumi, Kab. Tasikmalaya, Kab. Karawang, Kab. Indramayu, Kab. Pangandaran, sedang Kota Depok masuk wilkum Polda Metro Jaya.

Demikian disampaikan AKBP. Dr. I Ketut Adi Purnama, S.H., M.H., dalam acara talkshow di sebuah radio di Kota Bandung, Kamis (19/11/2020).

Lebih lanjut AKBP Dr. I Ketut Adi Purnama, S.H., M.H., mengatakan berberdasarkan Perppu Nomor 2 Tahun 2020 pemungutan suara serentak yang ditunda, dilaksanakan pada tanggal 9 Desember 2020. Berdasarkan hal tersebut KPU menetapkan pelaksanaan pemilihan lanjutan tanggal 9 Desember 2020 dengan Terbitnya PKPU Nomor 5 Tahun 2020 tentang Tahapan Program dan Jadwal Pemilihan Lanjutan tanggal 12 Juni 2020, pelaksanaan pemilihan serentak lanjutan dimulai dari tahapan Pelantikan PPS dan pengaktifan kembali PPK dan PPS tanggal 15 Juni 2020 yang telah berlalu.

Pelaksaan masa tenang itu, dan apa yang dilakukan pada masa tenang, masa tenang dilaksankan selama 3 hari, yaitu pada tanggal 6, 7 dan 8 Desember 2020. Pada masa tenang petugas KPU dan Bawaslu dibantu Sat Pol PP serta diamankan oleh TNI-POLRI melakukan pembersihan alat peraga kampanye.

Kabid Humas Polda Jabar Kombes Pol. Erdi A. Chaniago, S.I.K., M.Si., menyatakan Polda Jabar sudah siap untuk mengamakan Pilkada Serentak 2020, hal ini ditunjukan dengan Polda Jabar bersama-sama dengan TNI, serta stakeholder lainnya bersinergi dalam rangka menciptakan Pilkada yang aman, kondusif dan sehat. Polda Jabar senantiasa menjaga profesionalitas dan netralitas dalam pelaksanaan PIlkada.

Polri/Polda Jabar berperan serta aktif untuk mengingatkan dan menjadi contoh bagi masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan Covid-19, agar tidak terjadi cluster baru dalam Pilkada serentak 2020. Polda Jabar beserta jajaran telah siap melaksanakan pengamanan seluruh rangkaian tahapan Pilkada sampai pelantikan Bupati/wakil Bupati terpilih.

Bandung, 19 November 2020

Dikeluarkan oleh Bid Humas Polda Jabar
Jl. Soekarno Hatta No. 748 Bandung

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *