Jalan Lintas Menuju Silau Jawa “Hancur Total”, Apa Kabar Dinas PU Kab. Asahan ?!

 6,404 total views

Kisaran @ global investigasi news.com – Jalan lintas yang menghubungkan desa silau Jawa menuju kota kisaran pada titik titik rawan kehancuran , dari mulai bukit mantri sampai ke desa silau Jawa kondisinya sangat sangat memprihatinkan. Seperti saat di tinjau oleh awak media global investigasi news pada hari kamis tertanggal 03 Desember 2020 pukul 10.00 wib di daerah bukit mantri ( lateks perkebunan pn3 kebun Ambalutu). Dengan kondisi sangat memprihatinkan, puluhan truck colt diesel yang bermuatan TBS ( tandan buah segar ) kelapa sawit milik warga dan milik PTPN III kebun Huta Padang, terlihat semua truck pada posisi terpuruk dalam kobangan lumpur. Dan keadaan ini sudah berhari hari bahkan sudah hitungan bulan tanpa ada perhatian dari pihak Pemkab Asahan. Sementara dari pihak perkebunan PTPN III sudah berupaya untuk memperbaiki jalan tersebut. Namun di karenakan hanya bersifat sementara dan hanya menutup bagian jalan yang berlubang dengan batu padas. Sehingga keadaan jalan tidak mampu menahan bobot dari muatan truck. Mengingat setiap harinya puluhan bahkan mungkin ratusan truck yang melintas dengan beban muatan TBS kelapa sawit . Maka tidak bisa di hindari rusaknya jalan lintas via silau Jawa tersebut. Demikian keterangan dari masyarakat sebagai pemerhati jalan yang setiap hari melintas di jalan tersebut.

Read More

Di harapkan campur tangan pemerintah untuk bisa segera memperbaiki badan jalan yang sudah terlanjur hancur tersebut. Mengingat posisi jalan adalah jalan lintas antar kabupaten maka sudah tentu menjadi tanggung jawab pemerintah kabupaten Asahan untuk memperbaikinya. Khususnya dari dinas PU (pekerjaan umum) haruslah lebih jeli dalam menata programnya untuk rehab jalan. Janganlah dinas PU hanya berkutat di daerah kota kisaran saja, sementara di jalan yang sudah ekstrim tetap tertinggal tanpa tersentuh sama sekali untuk perbaikan.

Dalam hal ini pihak yang paling di rugikan adalah masyarakat yang notabenenya petani kelapa sawit. Terutama pihak perkebunan PTPN yang setiap harinya harus mengalami kerugian dari penyusutan TBS yang tidak bisa langsung terkirim setelah di panen. Juga Petani plasma yang bergantung dari penghasilan kelapa sawit harus menanggung bentuk kerugian akibat jalan yang semakin hari semakin hancur tersebut. Maka di harapkan oleh semua kalangan lapisan masyarakat, kiranya bentuk perhatian yang lebih serius dari pihak pemerintah kabupaten Asahan untuk bisa sesegera mungkin bisa lebih serius dan bersifat segera untuk memperbaiki jalan yang kondisinya sudah teramat sangat memprihatinkan

Masyarakat pengguna jalan sangat berharap supaya akses jalan via silau Jawa ini bisa segera di perbaiki. Mengingat jalan ini adalah satu satu nya jalan penghubung yang harus di lewati untuk menuju kota kabupaten Asahan yaitu kota kisaran. Jadi bukan cuma untuk lintas produksi hasil bumi saja. Kami yang hanya sekedar lewat saja sudah sangat susah bang, demikian ucap pak sukino yang saat itu sedang melintas. Dan harapan demi harapan dari masyarakat kepada pihak yang berkompeten untuk bisa segera merealisasikan jalan tersebut supaya bisa lebih baik lagi.

Reporter/editor : Supri Agus.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *