Penilaian dan Strategi Peningkatan Maturitas SPIP

 231 total views

SULBAR Polewali – Globalinvestigasinews.com,Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Barat menggelar kegiatan Sosialisasi Tingkat Maturitas SPIP secara virtual melalui aplikasi zoom, Rabu (3/3).

Read More

Pelaksanaan kegiatan itu dibuka oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Anwar, H. M. Anwar secara virtual dari Bapas Polewali, didampingi Kepala Divisi Administrasi, Mutia Farida, dan Kepala Balai Pemasyarakatan Kelas II Polewali, Hery Kusbandono.

Seluruh pegawai di lingkungan Kemenkumham Sulawesi Barat, baik yang ada di Kantor Wilayah maupun Unit Pelaksana Teknis hadir secara virtual di unit kerja masing-masing.
Saat membuka pelaksanaan kegiatan tersebut Anwar menyampaikan, kegiatan sosialisasi tingkat maturitas SPIP ini merupakan target kinerja seluruh Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM, termasuk Kemenkumham Sulawesi Barat, sebagai langkah awal sebelum melakukan penilaian mandiri tingkat maturitas SPIP bekerjasama dengan Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Barat
Tingkat maturasi ini dapat digunakan paling tidak sebagai instrumen evaluatif Penyelenggaraan spip dan panduan generik untuk meningkatkan maturasi sistem pengendalian intern.

Dalam kegiatan Sosialisasi ini Kanwil Sulbar melibatkan Auditor dari Inspektorat Wilayah IV sebagai Narasumber, Fandyla Wahyu Sasongko. Dijelaskan dalam materi yang disampaikannya bahwa Sistem Pengendalian Intern adalah proses yang integral pada tindakan dan kegiatan yang dilakukan secara terus-menerus oleh pimpinan dan seluruh pegawai.

“hal itu dilakukan untuk memberikan keyakinan memadai atas tercapainya tujuan organisasi melalui kegiatan yang efektif dan efisien, keandalan pelaporan keuangan, pengamanan aset negara, dan ketaatan terhadap peraturan perundang-undangan sesuai yang termuat pada Peraturan Pemerintah Nomo 60 Tahun 2008” tambah Fandy.

Untuk bisa melakukan penilian tingkat maturitas SPIP, maka setiap satker dalam pelaksanaan SPIP harus memenuhi 5 {lima) unsur SPIP, yaitu: lingkungan pengendalian, penilaian risiko, kegiatan pengendalian, informasi dan komunikasi, dan pemantauan pengendalian intern.

Jika kelima unsur telah dilaksanakan dengan baik maka ini salah satu pembekalan juga untuk satker menuju WBK/WBBM

Ia menambahkan, pengumpulan bukti maturitas SPIP dilakukan untuk meyakinkan atau memvalidasi bahwa hasil survey persepsi maturitas SPIP telah mencerminkan kondisi tingkat maturitas SPIP yang sebenarnya.

RUS GINEWS

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *