Kader Kesehatan Kampung Suka Rahmat Dilatih Agar Lebih Terampil Lagi Demi Untuk Menekan Angka Kasus Stunting

  • Whatsapp

 14 total views,  1 views today

Kader Kesehatan Kampung Suka Rahmat Dilatih Agar Lebih Terampil Lagi Demi Untuk Menekan Angka Kasus Stunting.

Read More

Aceh- Aceh Tamiang- Global Investigasi news co.id – Demi meningkatkan kesehatan bagi masyarakat desa, Desa Suka Rahmat Kecamatan Rantau, Aceh Tamiang menggelar pelatihan penguatan kader kesehatan yang yang merupakan Lokasi Fokus (Lokus) Stunting, Pertemuan ini berlangsung di balai pertemuan kampung setempat, Rabu, 30 Maret 2021.

Pelatihan dan Penguatan Kader Kesehatan Kampung Suka Rahmat Wilayah Puskesmas Sapta Jaya ini menghadirkan dua narasumber dari Dinas Kesehatan yaitu Kasie Kesga Gimas Ns.Zulfanda Manik, S.Kep.M.KM dan Bidan Koordinator Kabupaten, Marliana.

Datok Penghulu Suka Rahmat Daya Winata SH, dalam sambutannya menyampaikan bahwa persoalan kesehatan baik itu upaya percepatan penurunan Stunting, Pemberian PMT dan penguatan Sumber Daya, menjadi program prioritas desa.

Kegiatan hari ini diikuti 26 orang peserta dan 5 orang panitia, melibatkan para Kader Kesehatan, PKK, BKB, MDSK, Kepala Puskesmas, Pendamping Desa dan pendamping Kecamatan, serta Bidan Desa, sebut Daya Winata.

Salah satu peserta, mengatakan bahwa kegiatan ini sangat penting, sehingga para kader nantinya bisa mengaplikasikan tugas dan tanggung jawabnya, serta benar-benar turut andil dalam membantu persoalan kesehatan terutama Stunting.

Dikesempatan tersebut, sebagai narasumber, Ns.Zulfanda Manik, S.Kep.M.KM menyampaikan, bahwa kegiatan pelatihan ini dilaksanakan untuk menggalang komitmen bersama dalam upaya teknis percepatan penurunan dan pencegahan Stunting di wilayah kerja Puskesmas Sapta Jaya.

Kemudian, untuk mengidentifikasi masalah tentang terjadinya stunting serta mencari solusi untuk mengatasinya.

Kegiatan ini dilaksanakan mengacu pada peraturan menteri keuangan RI No 61/PMK.07/2019 tentang pedoman penggunaan transfer ke daerah dan dana desa untuk mendukung pelaksanaan kegiatan intervensi pencegahan Stunting Terintegrasi, sebut Zulfanda disela-sela memberikan arahannya sembari mengharapkan Kabupaten Aceh Tamiang terbebas dari kasus stunting.(E/RE).

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *