Ciptakan Lingkungan Sehat, Pemkab Mesuji Gelar Deklarasi ODF

 216 total views

Ciptakan Lingkungan Sehat, Pemkab Mesuji Gelar Deklarasi ODF

Read More

MESUJI– Ciptakan lingkungan bersih dan sehat dengan cara stop Buang Air Besar Sembarangan (BABS), Pemkab Mesuji menyelenggarakan Deklarasi Desa Open Defecatiaon Free (ODF) di geduang pemkab Desa Wiralaga Mulya kecamatan Mesuji Kabupaten Mesuji Lampung, Kamis (1/4/21).

Kegiatan tersebut di ikuti oleh 12 desa yang berasal dari Kecamatan Way Serdang, Tanjung Raya dan Mesuji Timur.

Turut hadir dalam deklarasi ODF yakni, Dandim 0426/Tulangbawang; Kapolres Mesuji, Sekretaris Daerah Kabupaten Mesuji, koordinator Tim Verifikasi Desa ODF Provinsi Lampung
Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Mesuji,Ketua Dharma Wanita Persatuan Mesuji serta Staf Ahli, Asisten, dan Kepala OPD pada Lingkup Pemerintah Kabupaten Mesuji.

Dalam sambutannya Bupati Mesuji H Saply TH mengatakan bahwa pihaknya atas nama Pemerintah Kabupaten Mesuji mengucapkan selamat dan dan menyambut baik kegiatan ini dalam rangka meningkatkan taraf kesehatan masyarakat di Kabupaten Mesuji sekaligus sebagai upaya mendukung Program ODF Nasional,

Saply juga mengapresiasi dinas terkait, camat, kepala desa, puskesmas, masyarakat, dan pihak-pihak lain atas usaha tercapai menjadi desa ODF dan kecamatan ODF.

“Semoga pencanangan deklarasi ini tidak sebatas seremoni saja, namun harus semakin memotivasi kita semua dalam rangka membudayakan hidup bersih dan sehat dalam kehidupan sehari-hari,” ujarnya.

Ditegaskan, salah satu tujuannya, untuk membiasakan masyarakat berperilaku hidup bersih dalam upaya pencegahan penyakit. Masyarakat sendiri merupakan fondasi paling utama dari pendekatan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat, untuk memperkuat upaya pembudayaan hidup bersih dan sehat, serta mencegah penyebaran penyakit berbasis lingkungan.

“Melalui momentum ini, berharap kegiatan deklarasi Desa ODF ini bukan hanya kegiatan seremonial saja, namun dapat terus dilaksanakan secara berkesinambungan untuk mewujudkan Kabupaten Mesuji menjadi Kabupaten ODF secara 100% di seluruh desa,” ungkapnya.(Suryadi)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *