Tak Kunjung Cair Beasiswa Tahun 2020, Ini Penjelasan Kabag Kesra Sekdakab. Labuhanbatu H. Ahmad Sampurna Rambe

  • Whatsapp

 40 total views,  1 views today

Tak Kunjung Cair Beasiswa Tahun 2020, Ini Penjelasan Kabag Kesra Sekdakab. Labuhanbatu H. Ahmad Sampurna Rambe

Read More

Sumut – Labuhanbatu, Globalinvestigasinews.com: Menjelang kesiapan menggelar Pemungutan Suara Ulang (PSU) Pilkada Labuhanbatu di 9 TPS, yang mana 5 pasangan calon (Paslon) bupati dan wakil bupati Labuhanbatu ikut bertarung berdasarkan keputusan pihak Komisi Pemilihan Umum (KPU) daerah Labuhanbatu, kini bermuculan beragam isu-isu dan hoax Korbannya pun calon petahana bupati dan wakil bupati Labuhanbatu H Andi Suhaimi Dalimunthe, ST, MT-Faisal Amri Siregar, ST disingkat ASRI Nomor Urut 3.

Berita bertebaran, informasi lama kembali mencuat, disebar group facebook, komentar group facebook dengan akun-akun palsu seolah-olah kabar baru segala bumbu fitnah dan hoax menyasar H Andi Suhaimi Dalimunthe dikenal sebagai Perjuang Inisiator Religi Suling (subuh keliling berjama’ah dan Jumling (Jum’at Keliling di keseluruh masjid se-kecamatan Kabupaten Labuhanbatu. Pada hal kegiatan ibadah itu tidak ada kaitannya dengan paslon. Apakah satu alasan karena berkaitan naiknya elektabilitas H Andi Suhaimi Dalimunthe sebagai incumbent mempunyai pengalaman luas serta memiliki segudang karya nyata yang manfaatnya dirasakan oleh seluruh komponen bangsa. Dijelaskan saat ini warga mengamati dan nunggu 5 Paslon bersaing PSU di 9 TPS komitmen pemberantasan perjudian, maksiat (pelacur) yang merendahkan harkat dan martabat kaum wanita pencegahan peredaran narkoba di Kabupaten Labuhanbatu.

Kabag Kesra Pemkab. Labuhabatu H. Ahmad Sampurna Rambe, S.Sos, MA menanggapi untuk meluruskan berita dan bermuculan beragam isu-isu dunia maya (medsos) menyasar mantan pimpinan Pemkab.Labuhanbatu kepada media menjelaskan, Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu telah menyerahkan bantuan pendidikan (beasiswa) kepada 864 putera-puteri daerah yang masuk perguruan tinggi negeri se Indonesia, melalui jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) tahun 2020. Beasiswa diserahkan Pejabat sementara (Pjs) Bupati Labuhanbatu Muhammad Fitriyus kepada 26 mahasiswa perwakilan penerima, disaksikan orangtua dan walinya, Senin (30/11/2020), di Ruang Data dan Karya Kantor Bupati, Jalan Sisingamangaraja Rantauprapat dan menyerahkan bantuan pendidikan tersebut, panitia memberi hadiah 1 unit laptop, 2 unit handphone dan 6 tas kepada peserta yang mampu menjawab pertanyaan panitia.

Kabag Kesra Pemkab, Ahmad Sampurna Rambe dalam laporannya mengatakan, dasar pelaksanaan kegiatan ini adalah SK Bupati Labuhanbatu Nomor 7/2013 tentang Pedoman Pemberian Dana Pendidikan Bagi Mahasiswa Kabupaten Labuhanbatu. “Pemberian beasiswa ini bertujuan menumbuh kembangkan harapan, kemampuan dan potensi serta motivasi belajar bagi siswa-siswi untuk melanjutkan pendidikannya ke perguruan tinggi negeri. Selain itu, juga untuk meningkatkan akses dan pemerataan kesempatan masyarakat Labuhanbatu untuk belajar di perguruan tinggi,” sebut Ahmad Sampurna Rambe

Diketka ditanya awak media, Apakah Dana Bantuan Pendidikan (Beasiswa) Tahun 2020 Masih Tersedia ?

Ahmad Sampurna Rambe menjawab, untuk dana bantuan pendidikan (beasiswa) pada tahun 2020, saya tegaskan kembali dana hibah bantuan pendidikan (beasiswa) itu masih tersimpan di kas Pemkab. Labuhanbatu hingga saat ini.

Apa Menjadi Kendala Pemkab. Labuhanbatu Menunda Pemberian Dana Bantuan Pendidikan (Beasiswa) Tahun 2020 Hingga Saat ini?

Ahmad Sampurna Rambe menjawab, yang menjadi kendala Pemkab.Labuhanbatu bukannya masalah kesediaan anggaran bantuan dana untuk pemberian beasiswa bertujuan menumbuh kembangkan harapan, kemampuan dan potensi serta motivasi belajar bagi siswa-siswi berasal daerah Kabupaten Labuhanbatu untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi negeri.

“Sebenarnya Pemkab. Labuhanbatu menjadi kendala atau tertundanya karena kami menunggu rekomendasi dari Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK) hingga sampai saat ini mekanisme pencarian bantuan dana hibah salah satunya, yaitu dana hibah bantuan pendidikan (beasiswa) tahun 2020,”ujarnya Ahmad Sampurna

Selain itu, ada perubahan peraturan yang harus dilaksanakan Pemkab. Labuhanbatu terkait mekanisme pencarian dana hibah pemberian beasiswa tersebut. Selama ini Pemkab. Labuhanbatu pemberian dana hibah bantuan pemberian beasiswa secara langsung kepada mahasiswa di Kabupaten Labuhanbatu, setelah adanya nanti keluar peraturan Pemkab.Labuhanbatu diwajibkan memberikan bantuan dana hibah bagi siswa-siswi di Kabupaten Labuhanbatu melalui universitas mereka masing-masing. Kata Ahmad Sampurna mengakhiri keterangannya diruang kerjanya Kantor Bupati Labuhanbatu kepada wartawan, Rabu (31/03/2021).

Disisi lain, Sekjen DPP Corruption Indonesia Funtionary Observation Reign “CIFOR”, Ismail Alex, MI Perangin-Angin menilai, kemungkinan fenomena ini bisa saja akan terus meningkat menjelang acara puncak PSU Pilkada Labuhanbatu di 9 TPS pada tanggal 24 April 2021 mendatang. Salah satu alasanya karena berkaitan naiknya elektabilitas H Andi Suhaimi Dalimunthe sebagai calon petahana bupati Labuhanbatu dan sikap politik terhadap paslon lainnya.

Ismail Alex enggan menanggapi seluruh pemberitaan, informasi dan isu. Beliau hanya menjelaskan memang terjadi perubahan pemberian dana hibah berdasarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) tentang pedoman penyusunan anggaran pendapatan dan belanja daerah tahun 2021 yang dimaksud dalam Pasal 4 ayat (1) Penyusunan kebijakan umum APBD dan prioritas dan plafon anggaran sementarasebagaimana dimaksud dalam Pasal 3 ayat (1) huruf a, berpedoman pada rencana kerja Pemerintah Daerah.

Pasal 5 ayat (1) Dalam penyusunan APBD Tahun Anggaran 2021, Pemerintah Daerah mengalokasikan anggaran yang memadai untuk penanganan pandemi Corona Virus Disease2019, dengan prioritas sebagai berikut: a.penanganan kesehatan dan hal lain terkait kesehatan; b.penanganan dampak ekonomi terutama menjaga agar dunia usaha daerah masing-masing tetap hidup; danc.penyediaan jaring pengaman sosial/social safety net jo ayat (2) Dalam hal pandemi Corona Virus Disease2019 suatu daerah telah dapat dikendalikan, Pemerintah Daerah mengalokasikan anggaran untuk penerapan adaptasi -5-kebiasaan baru produktif dan aman Corona Virus Disease2019 dalam penyelenggaraan pemerintahan daerah.

Jo ayat (3) Tahapan penyusunandan pembahasan dalam penetapan APBD Tahun Anggaran 2021dilaksanakan dengan memperhatikan penerapan protokol pencegahan penularan Corona Virus Disease 2019 jo ayat (4) Penerapan protokol pencegahan penularan Corona Virus Disease2019sebagaimana dimaksud pada ayat (3), berdasarkan pada penerapan status daerah oleh satuan tugas penanganan Corona Virus Disease 2019 setempat sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan. Katanya.

Sebelumnya, Mahasiswa menyambut baik dan memanfaatkan Program Pemerintahan Kabupaten Labuhanbatu yang digagas oleh H.Andi Suhaimi Dalimunthe,ST.MT untuk meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) melalui bantuan beasiswa yang salah satunya bagi mahasiswa yang berprestasi. Hasil pantauan wartawan di Kantor Bupati Labuhanbatu jalan Sisingamangaraja Kecamatan Rantau Selatan Kabupaten Labuhanbatu Sumatera Utara, Jumat (2/10/2020) tampak pilihan mahasiswa sedang melengkapi persyaratan untuk dapat memperoleh bantuan berupa beasiswa dari Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu.

Mahasiswa Universitas Labuhanbatu (ULB) Fitra Ardiasyah (20) saat ditemui wartawan menyampaikan “kami datang ke Kantor Bupati ini untuk melengkapi berkas peserta penerimaan beasiswa bagi mahasiswa yang berprestasi, karena dengan adanya bantuan ini kami sebagai mahasiswa merasa sangat terbantu dan dapat kami gunakan untuk membantu membuat uang kuliah” jelas Fitra Ardiasyah.

Ardiansyah juga menyampaikan sangat berterimakasih dengan pemerintahan Bupati Labuhanbatu selama kepemimpinan Bapak H.Andi Suhaimi Dalimunthe banayak jenis beasiswa yang disediakan buat mahasiswa, kami sebagai mahasiswa sangat mendukung program beasiswa ini. Kami berharap semoga program ini dapat dilanjutkan, karena bagi kami mahasiswa sangat terbantu, jelas mahasiswa ULB ini.
Riki Ramadhani (20) juga mahasiswa ULB meyampaikan kepada awak media ini bahwa kami yang mengurus beasiswa ini, bagi mahasiswa yang berprestasi dengan indeks prestasi rata – rata diatas 3,3 dan pada umumnya yang duduk di semester tiga, jelasnya.

Riki menambahkan dengan program beasiswa ini, kami sangat yakin pemerintahan kabupaten Labuhanbatu yang dipimpin oleh Bupati sebagai putra asli Labuhanbatu benar – benar berkeinginan untuk meningkatkan SDM putra putri Labuhanbatu. Beberapa jenis beasiswa yang disediakan oleh Pemerintahan Kabupaten Labuhanbatu semasa kepemimpinan H.Andi Suhaimi Dalimunthe, ST.MT seperti beasiswa bagi mahasiswa yang kurang mampu, beasiswa bagi mahasiswa yang masuk Universitas Negeri, Mahasiswa yang kuliah diluar negeri. (M.SUKMA)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *