“Polemik DAS di Merangin, Tanggung Jawab Siapa ?!”

  • Whatsapp

 55 total views,  2 views today

JAMBI–Merangin– Globalinvestigasinews.com –Daerah Aliran Sungai (DAS) secara umum didefinisikan sebagai suatu hamparan wilayah/kawasan yang dibatasi oleh pembatas topografi (punggung bukit) yang menerima, mengumpulkan air hujan, sedimen dan unsur hara serta mengalirkannya melalui anak-anak sungai dan keluar pada sungai utama ke laut atau danau.

Read More

Polemik DAS di Merangin, tanggung jawab siapa??!!

Daerah Aliran Sungai ialah suatu kawasan yang dibatasi oleh titik-titik tinggi di mana air yang berasal dari air hujan yang jatuh, terkumpul dalam kawasan tersebut. Guna dari DAS adalah menerima, menyimpan, dan mengalirkan air hujan yang jatuh di atasnya melalui sungai.

Namun terjadi keterkaitan kepengurusan bangunan dan kepengurusan pekerjaan pisik yang harus bersama.

Gerusan saluran pembuangan air yang menempuh di bawah area PDAM Merangin tergerus menjorok ke halaman dan jalan dalam area Pompa pengolahan air baku PDAM, menurut staff lapangan PDAM pada awak media, gerusan ini makin hari makin lebar bila terjadi banjir, gerusan yang menjorok kedalam (teluk kecil) ini sudah 20 cm memakan badan jalan di lokasi PDAM, berarti sudah 10 meter menjorok ke area PDAM.

Sedangkan lebar gerusan yang tiap kenaikan air ini,hingga hari ini mencapai titik ujung 6 Meter sedangkan titik dari sungai sudah menganga 10 meter.
Memang kami akui, hal ini belum mengganggu kinerja kami,namun perdiksi kami bila debit air sungai merangin selalu naik,di khawatirkan akan memperlebar gerusan ini.

Area pompa dan distribusi air milik PDAM ini terletak dalam kota,hanya 2 km dari pasar bawah bangko.

Menurut Ad warga dusun bangko, gerusan ko elok pakai box yang dibuat di siko,sebab ketahanan nyo lebih kuat. Untuk penimbunan,eloknyo tanah merah be,sebab daerah siko agak bapasia (logat dusun), Bangko Tinggi Kamis 1 April 2021.

Sisi lain diexpresikan sebagai wawasan, ada baik nya bibir sungai di gunakan Bronjong,disamping penahan bibir sungai,juga berpungsi sebagai lokasi pemancingan bagi penghobi pancing alam.

Beberapa waktu lalu pernah ditanyakan oleh awak media pada Staff kantor PDAM,gerusan yang ditimbulkan kenaikan debit air ini pernah disampaikan pada dinas PUPR,namun tidak ada respon dari mereka,namun demi hajat orang banyak dan antisipasi pasinyimbulnya permasalahan lain akibat ini ungkap staff PDAM waktu itu baik pihak kami ulang naikkan,. Sisi lain Oke Pik (direktur PDAM pada taufik awak media).. kita coba koordinasi pada dinas PUPR Merangin secepatnya.

Beberapa waktu lalu,Tim Globalinvestigasinews pernah menanyakan pada Junaidi pejabat di PUPR Merangin, urusan sungai itu,urusan Balai air di jambi. Tanya ke jambi saja ungkap junaidi.

Selaku Penggiat Media berpungsi, Memberitakan,memberitahukan,menelaah dan bila mampu,cari solusi.

(Hbl global)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *