DAMPAK MONEY POLITIK BAGI MASYARAKAT

 603 total views

Oleh : Sri Mulyati (652012033, Mahasiswa ISBUD SAREA)

 Money politik  adalah suatu upaya mempengaruhi perilaku masyarakat/pemilih menggunakan imbalan materi balik milik pribadi maupun partai untuk mempengaruhi suara pemilih (voters) dengan konsepsi bahwa materi tersebut dapat mengubah keputusan dan dijadikan sebagai wadah penggerak perubahan.money politik merupakan salah satu bentuk suap atau sogok.money politik adalah pertukaran uang dengan posisi, kebijakan atau keputusan politik yang mengatasnamakan kepentingan rakyat tetapi sesungguhnya demi kepentingan pribadi, kelompok atau partai.

 Money politic sudah menjadi salah satu kasus yang hingga saat ini masih terjadi dan menimbulkan masalah. Money politic menjadi salah satu  kebiasaan para calon kepala daerah demi mendapatkan dukungan yang banyak dari masyarakat, dalam hal ini politik uang (Money politic) adalah suatu bentuk pemberian atau janji  menyuap seseorang  supaya orang tersebut  memilih calon pemimpin daerah.

 Sistem-sistem money politik diarahkan oleh calon pemerintah kemudian dijalankan oleh tim sukses.Tim susksen akan melakukan penyuapan terhadap masyarakat.

 Dari setiap penerima "money politik" suatu sisi adalah hak setiap orang.Dan kewajibannya wajib memilih.Adapula dampak dari money politik yaitu setiap orang baik warga atau masyarakat harus menanggung dampak money politik tersebut yaitu adanya perselisihan atau perdebatan antara tim yang mencalonkan diri dan resiko terbesar yang harus diterima dan akan ada kemungkinan bahwa suatu daerah tersebut tidak akan maju.

 Selain itu, pasangan calon yang terpilih juga mendapat sanksi yang tak mudah dan juga dapat didiskualifikasi yang tentunya tidak menjadi tujuan awal dari pasangan calon. Bagi masyarakat, money politic ini malah bisa melatih masyarakat untuk bertindak curang. Jika pelakunya terpilih, bisa saja dia melakukan penyalahgunaan jabatan dan terlibat kasus korupsi. Selain itu kerugian berjalannya money politic ini bagi pemerintah adalah terciptanya produk perundangan yang tidak tepat sasaran karena mereka yang menjabat tidak sesuai dengan kapasitas atau bukanlah ahli dibidangnya dan akan sangat merugikan Negara, karena Negara menjadi tidak berkembang .

 Bagi orang yang berakal "money politik" adalah suatu sikap pembodohan,tetapi bagaimana dengan masyarakat dibawah rata-rata yang cendrung tergiur dengan money politik? Ini adalah suatu sistem yang tidak bisa dipungkiri.Karena money politik sudah menjadi wadah penggerak perubahan dunia politik.

 Maka dari itu, jadilah pedoman yang kuat dan percaya diri karena dengan percaya diri  sangatlah penting pada era modern ini. Dan sebisa mungkin kita jangan ikut terpengaruh oleh arus zaman apalagi mengenai money politik yang akan mencemari demokrasi di Negara Indonesia yang kita cintai ini. Karena kemajuan bangsa adalah tanggung jawab kita bersama.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *