Melalui Program P3-TGAl, Petani Salapraya Sambut Gembira Pembangunan Irigasi

 219 total views

Melalui Program P3-TGAl, Petani Salapraya Sambut Gembira Pembangunan Irigasi

Read More

Pandeglang – Para petani desa Salapraya, Kecamatan Jiput, Kabupaten Pandeglang yang tergabung dalam kelompok P3A Kuning Berseri saat ini tengah melakukan pekerjaan pembangunan peningkatan jaringan irigasi di desa setempat.

Pembangunan saluran air ini diharapkan memperlancar pasokan air untuk kebutuhan petani di desa Salapraya.

Melalui Program Percepatan Peningkatan Tata Guna Air Irigasi (P3A-TGAI) dilaksanakan swakelola oleh Partisipasi Petani Pemakai Air (P3A).

Kepala Desa Salapraya. Toton Sultoni, saat ditemui di kediamanya, menyambut baik dengan terealisasinya pembangunan peningkatan saluran irigasi ini, untuk pelaksanaannya dikembalikan kepada masyarakat.

“Pihak kami (Pemerintah Desa), hanya mengawasi, pelaksananya swakelola langsung dari Partisipasi Petani Pemakai Air,” ungkap Toton.

“Apabila pasokan air lebih maksimal, petani tidak ada lagi yang mengalami kesulitan mendapatkan pasokan air, karena dengan pasokan air yang bagus diharapkan akan lebih baik pula hasil panennya, sehingga masyarakat petani akan lebih sejahtera.” Jelasnya.
Selasa 4/5/21

Di tempat terpisah Iip Ketua P3A Kuning Berseri mengatakan Kepada Global InvestigasiNews. Com, bahwa P3A-TGAI bertujuan untuk menunjang pasokan air ke lahan petani sehingga ada peningkatan hasil panen.

“Selain itu, kami diberi kewenangan mengelola dan melaksanakan pembangunan irigasi desa secara swakelola, ini suatu bentuk kepedulian pemerintah dalam mensukseskan swasembada pangan,” ujarnya.

Ditambahkan juga Purqon Ketua BPD Salapraya,menyampaikan bahwa pekerjaan berjalan sesuai dengan rencana kerja dan para pekerjanya juga sudah paham apa yang harus dikerjakan.

“Tidak ada kendala, hanya agak memakan waktu sedikit, mengingat material seperti batu, pasir dan semen harus diangkut dari jalan raya melalui jalan setapak, tapi hal itu bukan kendala yang berarti bagi Tim P3A,” pungkas Purqon. Ade m

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *