“Presiden Joko Widodo Lawan Pandemi !!”

 211 total views

GIN – Pemulihan ekonomi global masih akan terus berlanjut. Proyeksi IMF dalam rilis terbaru World Economic Outlook (WEO) Juli 2021 menyatakan ekonomi global tumbuh 6,0 persen pada 2021 dan 4,9 persen pada tahun 2022.

Read More

Solidnya proyeksi perekonomian global didukung oleh tambahan stimulus fiskal yang kuat dan akselerasi vaksinasi yang memungkinkan reopening lebih luas, khususnya di negara-negara maju seperti AS dan Eropa. Namun demikian, pemulihan ekonomi global terjadi tidak merata (uneven recovery) karena perbedaan situasi pandemi Covid-19, kecepatan vaksinasi, dan dukungan stimulus ekonomi.

“Pandemi Covid-19 memberikan ketidakpastian yang sangat tinggi terhadap ekonomi. Kita perlu sangat hati-hati dan terus menjaga disiplin pada protokol kesehatan. Kita juga belajar bahwa akselerasi vaksinasi menjadi salah satu kunci utama pengendalian kasus,” kata Kepala Badan Kebijakan Fiskal (BKF) Febrio Kacaribu, dikutip dari laman Kemenkeu, Kamis (29/7).

Tingkat vaksinasi yang relatif rendah di negara berkembang dapat memberikan risiko kerentanan terhadap kesinambungan pemulihan ekonomi ke depan. Beberapa negara yang mendapat revisi ke bawah antara lain India, Malaysia, Filipina, dan Thailand.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *