Masyarakat Desa Pancakarya Sangat Senang dan Bahagia Terima Sertifikat PTSL

 195 total views

Jatim, jember-Globalinvestigasinews. Com~PTSL merupakan upaya pemerintah guna membantu masyarakat dalam memproses pendaftaran tanah untuk pertama kali yang dilakukan secara serentak.Proses PTSL ini meliputi semua obyek pendaftaran tanah yang belum didaftarkan didalam suatu wilayah desa atau kelurahan atau nama lainnya yang setingkat dengan itu.

Read More

Pemerintah Desa Pancakarya, kecamatan Ajung, membagikan 400 sertifikat tanah Progam Percepatan Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) kepada masyarakat di aula kantor desa setempat. Pembagian sertifikat tanah progam PTSL tersebut dihadiri oleh kepala desa,panitia PTSL,Bpk Camat,petugas dari BPN,dan pemohon PTSL.(21/9/2021)

Pembagian sertifikat PTSL tahap pertama diberikan kepada para penerima oleh petugas BPN,Bpk Camat, Kepala desa dan ketua panitia PTSL.masyarakat sangat senang dan bahagia lantaran telah mendapatkan sertifikat dari progam Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) karena warga yang terdaftar sebagai peserta progam PTSL sangat antusias,mengikuti pembagian sertifikat tersebut, lantaran sudah sejak lama menginginkan sertifikat sebagai bukti pengakuan negara atas kepemilikan tanah.

Saiful Bahri selaku Ketua Pokmas saat diwawancarai Globalinvestigasinews di tempat kerjanya menyampaikan,dengan adanya progam PTSL untuk desa pancakarya mendapatkan 2500 Qouta untuk pengajuan progam PTSL,dan saat ini dari pemohon yang sudah masuk sudah terdata mencapai 2126 pemohon,kalau dihitung sudah mencapai 88% dari jumblah Qouta yang ada.dan sampai saat ini masih tetap membuka pendaftaran PTSL untuk pemohon baru untuk mencapai sesuai Qouta,”tuturnya.

Lanjut,”saiful,”ia juga menerangkan
ada beberapa warga yang miskin ikut progam PTSL sama sekali tidak ditarik biaya,dan bagi warga yang tidak punya biaya untuk sementara bisa daftar terlebih dahulu ke panitia PTSL.karena Desa Pancakarya sudah ditetapkan sebagai desa dengan predikat NDR artinya Nilai Desa Bersertifikat Lengkap,”katanya.

Ditempat yang berbeda, PJ, Kepala Desa Pancakarya,”Warsono,”saat wawancara menyampaikan, terimakasih kepada BPN yang sudah mengasih progam PTSL dan juga Panitia yang sudah melaksanakan tugas dan kewajibanya secara normatif sesuai aturan yang berlaku sehingga acara berjalan dengan lancar dan kondusif.

Lanjut,” sehingga Progam Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) sangat bermanfaat sekali bagi masyarakat desa pancakarya, sehinga masyarakat desa pancakarya bisa senang dan tersenyum,dari lengkapnya administrasi pertanahan masyarakat akan terhindar dari persengketaan tanah,”tuturnya.

Salah satu warga penerima program PTSL mengungkapkan rasa bahagia dan rasa syukur atas pembagian sertifikat PTSL yang telah dilaksanakan pemdes pancakarya.terimakasih kepada Pemdes Pancakarya,karena dengan adanya program PTSL ini saya sebagai warga desa pancakarya merasa sangat terbantu,” kalau ngurus sendiri pasti habisnya jutaan mas,”ujarnya,” kepada Globalinvestigasinews.Com

Dari pantauan Globalinvestivigasinews dalam pelaksana pembagian sertifikat Program PTSL di desa pancakarya dengan menerapkan protokol kesehatan (prokes) dengan mewajibkan memakai masker.(Had)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *