Menteri Suharso Resmikan Peluncuran Buku dan Serahkan Piala Kepada 11 Daerah

  • Whatsapp

 36 total views,  1 views today

GLOBAL INVESTIGASI NEWS.COM – Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional Suharso Monoarfa meresmikan peluncuran Buku Knowledge Sharing Pembangunan Daerah, Kamis (25/11/2021). Acara ini bersamaan dengan penyerahan piala Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) dan penghargaan khusus.

Read More

Menteri mengatakan, Buku ‘Knowledge Sharing Pembangunan Daerah: Praktik-Praktik Cerdas’ merupakan salah satu upaya Kementerian PPN/Bappenas dalam memotret pembangunan daerah dan inovasinya.

Buku ini, pertama kali diterbitkan pada tahun 2018 bersamaan dengan transformasi dari Anugerah Pangripta Nusantara antara tahun 2011-2017 menjadi Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD). Buku ini dimaksudkan untuk memperbesar manfaat dari pelaksanaan evaluasi pembangunan daerah.

Edisi saat ini dilanjutkan dengan merangkum praktik-praktik cerdas pembangunan daerah dari tahun 2019 hingga tahun 2020.

“Saya berharap buku ini dapat menawarkan alternatif solusi untuk mengatasi permasalahan – permasalahan yang muncul di daerah. Replikasi dan modifikasi tentu perlu dilakukan dengan mempertimbangkan keragaman latar belakang di masing-masing daerah,” ujar Menteri.

“Melalui pemahaman penyelesaian masalah dalam praktik-praktik cerdas, suatu daerah bisa merefleksikan apa yang terjadi di daerahnya. Kemudian terinspirasi dan mendapatkan referensi bagaimana menemukan solusi tantangan pembangunan yang dihadapi,” lanjutnya.

Usai memberikan sambutan, acara dilanjutkan dengan penyerahan piala Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD). Sebagai informasi, pengumuman daerah terbaik yang memperoleh Penghargaan Pembangunan Daerah telah dilaksanakan secara online pada Musrenbangnas tahun 2021.

PPD tahun 2021 diberikan kepada 3 pemerintah daerah, yaitu pemerintah provinsi, pemerintah kota dan pemerintah kabupaten.

Predikat terbaik pertama untuk kategori provinsi diraih oleh Provinsi Sumatera Barat, predikat terbaik kedua diraih oleh Provinsi Jawa Barat, dan predikat terbaik ketiga diraih oleh Provinsi Bengkulu.

Peraih predikat terbaik pertama di tingkat kabupaten diberikan kepada Kabupaten Bangka, predikat terbaik kedua diberikan kepada Kabupaten Banggai, dan predikat terbaik ketiga diberikan kepada Kabupaten Hulu Sungai Selatan.

Peraih predikat terbaik pertama di tingkat kota diberikan kepada Kota Semarang, peraih predikat terbaik kedua diperoleh oleh Kota Padang dan predikat ketiga diperoleh oleh Kota Bandung.

Selain kesembilan daerah tersebut, terdapat 2 provinsi lainnya yang memperoleh penghargaan khusus. Keduanya adalah Provinsi Bali dan Provinsi Pekanbaru.

Kamis, 25 November 2021
Tim Komunikasi Publik
Kementerian PPN/Bappenas
Https://linktr.ee/suharsomonoarfa

Follow:
Instagram Menteri PPN: @suharsomonoarfa
Twitter Menteri PPN: @Suharso_M
Fanpage Menteri PPN: Suharso Monoarfa

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *