Program Hukum, Warga Toba Diajak Ngobrol pintar Oleh Kajari Tobasa

  • Whatsapp

 90 total views,  1 views today

GIN – Kepala Kejaksaan Negeri Toba Samosir, Baringin, SH.MH mengajak warga Toba ngobrol pintar masalah hukum terkait persoalan yang terjadi di masyarakat untuk mendapat bimbingan hukum, bertempat di warung kopi ISL, JL. DI Panjahitan No.1, Kecamatan Porsea, Kabupaten Toba, Jumat, 3 Desember 2021.

Read More

Turut hadir dikegiatan tersebut Kajari Tobasa didampingi oleh Kasi Intelijen, Gilbeth Sitindaon, SH, Kasi Pinsus, Kasi Pidum, Kasi Datun, Kasi Pembinaan bersama Kacab Porsea, Simamora.

Dimana program hukum ini sudah dimulai sejak bulan Juli 2021 di tiga (3) lokasi seperti di Balige, Laguboti dan Porsea dengan maksud memberikan pelayanan dan konsultasi hukum kepada masyarakat kabupaten Toba secara gratis dan juga lebih mempererat tali silaturahmi dengan masyarakat.
“Program ini inovasi dari kami ini program hukum sebenarnya cuma kita kemas program hukum ini biar kita lebih dekat dengan masyarakat maka kita buat program ngopi ngobrol pintar” terang Kajari melakukan pendekatan secara emosional.

Lagi Kajari mengatakan kegiatan ini akan terus ditingkatkan setiap bulan karena masalah covid-19 dibatasi dengan peraturan pemerintah.
“Kita datang jemput bola, kita harus lebih proaktif kepada masyarakat, kalau di kantor mungkin ada rasa takut, ada rasa sungkan, kalau disini masyarakat bisa lebih leluasa bertanya bisa sama sama minum kopi tidak merasa sungkan dan lebih suasana kebatinannya lebih terbuka”, ungkap Kajari Tobasa kenali hukum jauhi hukum.

Ditempat yang sama, Kasi Intelijen, Gilbeth Sitindaon, SH disaat kegiatan ngopi bersama banyak mendengar laporan masalah yang terjadi ditengah masyarakat salah satunya terkait masalah pemilikan tanah, batas tanah dan penyerobotan tanah disamping itu juga ada masalah KDRT, Perkelahian, Pencurian dan Caci maki.
“Masalah masyarakat bisa juga dikembalikan dulu dilingkungannya untuk diselesaikan dan tidak semata mata harus ke meja hukum, selagi bisa pejabat di desa menyelesaikan secara kekeluargaan”, harap Kasi intel setelah kegiatan masyarakat tahu membuat solusi, cara menyelesaikan masalah.

Harapan masyarakat, dengan ada kegiatan ini masyarakat Toba berterima kasih kepada Kejaksaan Negeri Toba Samosir telah bersedia berkunjung dan berbagi ilmu pengetahun tentang hukum, warga memiliki kesempatan menyampaikan masalahnya.
“Semoga kegiatan ini kedepannya nanti lebih sering dilakukan disetiap kecamatan sampai ke desa juga di daerah manapun merasa terjamah dikenal dengan kehadiran bapak Kajari”, pinta Launa Simanjuntak, warga Porsea.

Senada Hotman Pardamaian Butar butar, Kepala Desa Sigaol barat, Kecamatan Uluan mengatakan kegiatan ini sangat bermanfaat berharap kedepan masyarakat menjadi sadar hukum.
“Kami mempertanyakan masalah KDRT dan masalah sengketa tanah dan masalah batas badan danau toba karena desa kami dipinggiran Danau Toba” imbuhnya kegiatan ini berlanjut menambah wawasan dari aparat desa.

Pantauan dilapangan selama kurang lebih dua jam dalam kegiatan itu, berbagai persoalan diperbincangkan antara warga dengan kejaksaan negeri Tobasa, mulai masalah umum, masalah pidana yang diajukan oleh warga dengan santai dan keakrapan sambil sesekali meneguk secangkir air kopi dan memakan gorengan. (AMS)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *