“AIR LIKI SALAH SATU DESA TERUJUNG DI KABUPATEN MERANGIN MASIH JAUH TERTINGGAL, DANDIM 0420/SARKO BERTEKAD BANGUN AKSES JALAN PENGHUBUNG”

 449 total views

Merangin, 27/01/ 2022 Globalinvestigasinews.com – Air Liki adalah Desa paling ujung di Kabupaten Merangin berada di Kecamatan Tabir Barat dan berbatasan langsung dengan Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS) dan berbatas dengan Kabupaten  Kerinci Jambi.

Read More

Jarak yang cukup jauh dan terpencil, dan tidak ada akses jalan darat dari desa tetangga Ngaol, melalui jalur sungai adalah jalan satu satunya untuk sampai ke desa Air Liki,  selama kurang lebih 2 jam harus di tempuh dengan Perahu Getek (sebutan warga setempat untuk Perahu Sampan) dengan arus air yang deras, adapun jalan darat belum bisa di tembus oleh kendaraan roda empat dengan medan yang sangat berat, belum lagi medan yang berlumpur melalui semak dan belukar padat dan tak jauh dari hutan di sekelilingnya.

Warga desa ini juga baru bisa menikmati  aliran listrik ketika pada tahun 2018 lalu, itupun berkat ada bantuan dari Propinsi melalui PLTMH (Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro) yang di resmikan langsung oleh Menteri Bappenas kala itu, selain itu juga akses jaringan telekomunikasi sampai saat ini belum ada sehingga komunikasi dan informasi masih tertinggal dari daerah lain.  Potensi alam di desa ini sangat besar, kearifan lokal masih sangat asri dan terjaga.

Dandim 0420/Sarko Letkol. Inf. Tomy Radya Diansyah Lubis, S.A.P, MHan pada bulan Desember tahun lalu yang baru saja berlalu dari penanggalan nasional menyampaikan keprihatinanya, ” Masih ada desa yang sangat tertinggal dalam lnfrastruktur di pedalaman Kabupaten Merangin, belum ada akses jalan, masyarakatnya masih sangat menjunjung tinggi norma norma adat dan alamnya masih sangat terjaga, ” ujarnya ketika di temui awak media di ruang kerjanya 28/12/2021.

” Saya bertekad untuk bisa membuka akses jalan sampai ke Desa Air Liki, bagaimanapun caranya, Alhamdulillah berkat kegigihan anggota Kodim 0420/Sarko dan duku gan warga saat ini sudah terwujud, anggota saya terjunkan ke lapangan, inilah bakti TNI untuk Negri, di zaman yang sudah lama merdeka masih ada desa yang belum bisa menikmati hasil kemerdekaan, ” ujar Dandim dengan semangat.
(fik)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *