Memulihkan Energi, Merajuk Sinergi, Mempertahankan Resonansi Etos Kerja, SMAN 9 Maros Gelar Family Gathering

 334 total views

Dalam filosofi Asia (Tiongkok) dikenal istilah Yin dan Yang. Sebuah istilah yang merujuk kepada penciptaan alam yang saling bertolak belakang. Panas dan dingin, kerja dan istirahat, berdiri dan duduk, atas dan bawah serta berbagai kosa kata yang bermakna antonim. Dalam kitab suci Islam dikatakan Tuhan menciptakan segala sesuatu berpasang-pasangan untuk mengingat kebesaran-Nya. Sesuatu itu bisa berdimensi abstrak maupun kongkret. Bisa berbentuk kata benda dan bisa juga berbentuk kata sifat. Akan terjadi keseimbangan alam jika terjadi keseimbangan dari dua hal yang bertolak belakang tersebut.

Read More

Seperti itulah konsep yang selama ini mengantarkan kita pada kondisi dimana kelelahan fisik mengharuskan kita untuk beristirahat sejenak demi menjaga keseimbangan tersebut.

Tidak salah jika SMAN 9 Maros sebagai sebuah lembaga pendidikan dengan visi kependidikannya dituntut pula untuk melakukan keselarasan alam dalam menjaga keseimbangan yin dan yang. Berbagai tuntutan profesi yang selama ini digeluti menuntut untuk istirahat sejenak melepaskan kepenatan tersebut guna memulihkan energi, merajuk sinergi kolaborasi sekaligus mempertahankan getaran resonansi etos kerja yang akan mengantarkan kembali kepada kondisi fitalitas dalam membangun dunia kerja yang lebih bergairah.

Lokasi yang dipilih untuk kegiatan ini merupakan destinasi wisata yang ada di Kabupaten Gowa. Tepatnya di water park Dewi Sri. Pemilihan Lokasi ini dikarenakan water park tersebut terbilang baru dan lebih jauh lokasinya dari Kabupaten Maros. Bertepatan dengan hari libur nasional (26/5/2022), SMAN 9 Maros memanfaatkannya dengan mengadakan Family Gathering.

Family Gathering ini membawa konsep hybrid (baca: kombinasi) juga. Selain bersantai dan berkumpul sesama keluarga besar sekolah yang berdomisili di Kecamatan Marusu Kabupaten Maros ini, juga dalam acara tersebut dibarengi dengan agenda rapat semi formal membahas persiapan menghadapi Ujian Kenaikan Kelas (UKK) yang akan digelar mulai tanggal 30 Mei 2022. Termasuk dalam agenda rapat semi formal tersebut juga dibahas beberapa kebijakan-kebijakan yang merupakan program unggulan dinas pendidikan yang harus segera direalisasikan oleh warga sekolah.

Di sela-sela kemeriahan acara tersebut, Adnan Adam, Plt Kepala UPT SMAN 9 Maros megatakan, “Sudah cukup lama suasana keakraban seperti ini hilang dikarenakan pandemi covid. Semoga kegiatan ini mengembalikan semangat dan etos kerja para warga sekolah sehingga komitmen untuk membangun dunia pendidikan yang lebih maju dapat dipertahankan. Sinergi, energi dan resonansi. Cerdaski” Menutup percakapan dengan jari simbol C.

Sebagaimana kegiatan family gathering lainnya, setelah rapat semi formal tersebut tuntas, para peserta yang hadir disuguhkan berbagai game show dan kegiatan lainnya untuk lebih mengakrabkan suasana. Tidak lupa panitia menyiapkan door prize yang semakin membuat acara silaturahmi tersebut menjadi lebih menarik. Bagi peserta laki-laki lomba renang dan bagi peserta perempuan mengumpulkan koin terbanyak yang bisa ditemukan di dasar kolam. Tak ayal, kegiatan tersebut menyita perhatian para pengunjung lainnya.

Tepat ketika matahari bergerak melewati batas siang, para peserta family gathering satu persatu beranjak meninggalkan lokasi destinasi tersebut. Membawa secercah harapan akan pulihnya energi, membangun sinergi dan memantik resonansi kerja yang lebih positif sebagai amanah yang diberikan negara kepada para insan pendidik.
Laporan**ZAINAL

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *