Sosialisasi Maklumat Kapolda, Kapolres Bima Didampingi Kaden C Pelopor Bima Pimpin Patroli Show Of Force

 231 total views

Bima NTB,GlobalInvestigasi News.com-Guna menindak lanjuti Maklumat Kapolda NTB Nomor : MAK/02/V/2022 tentang Penyampaian Pendapat di Muka Umum, Polres Bima Polda NTB menggelar Patroli Skala Besar yang melibatkan TNI, Polri dan Pol PP Pemkab Bima, Jum’at (3/6/22).

Read More

Usai apel persiapan di lapangan Mapolres setempat, Pukul 09.00 Wita, Kapolres Bima, AKBP Heru Sasongko, S.I.K langsung memimpin Patroli yang ikut melibatkan Kaden Batalyon C Pelopor Bima, AKBP Zulkarnain S.I.K, beserta Kabag Ops Polres Bima KOMPOL Herman, SH, dan gabungan Perwira Polres Bima.

Patroli itu sendiri diawaki oleh Satuan Setingkat Kompi (SSK) Brimob Batalyon C Bima, 2 peleton Dalmas Polres Bima, 1 peleton Kodim 1608/Bima, Unit Intelkam, Unit Tim Puma Sat Reskrim, 1 peleton Sat Pol PP Kabupaten Bima, dan Jajaran Polsek Bolo, Donggo serta Madapangga.

Kasi Humas Polres Bima, Iptu Adib Widayaka, menyampaikan, dalam patroli skala besar tersebut, Tim Gabungan lewat Kasat Binmas, Iptu Suhermansyah, membacakan Maklumat Kapolda NTB dengan pelantang dari Mobil Penerangan di tempat-tempat strategis di sepanjang rute patroli, seperti di Cabang Donggo dan Cabang Bolo, serta tempat keramaian lainnya.

Selain itu, para personil yang terlibat juga memberikan himbauan secara humanis kepada masyarakat. Misalnya, kepada para pengguna jalan untuk yang tidak menggunakan helm dihimbau untuk menggunakannya, serta menghimbau masyarakat umum untuk tetap menerapkan Protokol Kesehatan, seperti tetap menggunakan masker.

Adapun rute yang dilalui, dimulai dari Mapolres menuju cabang Talabiu, melintasi Kecamatan Bolo, Kecamatan Donggo, hingga tapal batas Kabupaten Bima dan Dompu, tepatnya Desa Rora Kecamatan Donggo yang sebelumnya diisukan akan adanya aksi blokir jalan di desa tersebut.

Isu blokir jalan tersebut rupanya tidak benar. Meski begitu, Kapolres Bima tetap mengingstruksikan agar Desa Rora menjadi wilyah penghujung patroli.

“Jadi atau tidaknya kegiatan [blokir jalan] itu, kita tetap tunjukkan soliditas dan kesiapan kita untuk hadir di tengah-tengah masyarakat Kabupaten Bima.” Tegas Kapolres, mengutip Adib.

Sementara di Desa Rora, lanjut Adib, Kapolres Bima dan Kaden Batalyon C Pelopor Bima, beserta para PJU Polres Bima beramah tamah dengan Plt. Kades Rora dan masyarakat setempat.

Memanfaatkan kesempatan tersebut, Kapolres menyampaikan apresiasinya kepada semua elemen masyarakat yang berpartisipasi dalam upaya menolak aksi pemblokiran jalan di wilayah perbatasan Kabupaten Bima dan Dompu itu.

“Perlu diketahui oleh masyarakat bahwa hadirnya kami di sini merupakan langkah upaya memberikan rasa nyaman terhadap pengguna jalan karena adanya indikasi pemblokiran jalan oleh aliansi laskar Tani NTB.” ungkap Kapolres

“Lewat kesempatan ini juga perlu saya menyampaikan bahwa terkait maklumat Kapolda NTB dengan nomor: MAK/ 2 / V / 2022. Tentang penyampaian pendapat di muka umum.” Imbuhnya lagi.

Kapolres menegaskan, bahwa sesuai perintah Kapolda NTB, pihaknya dari gabungan aparat akan melakukan tindakan tegas apabila ada massa aksi yang sengaja melakukan pemblokiran jalan atau menghalangi pengguna jalan.

“Karena sesuai maklumat Kapolda NTB tidak ada lagi aksi pemblokiran jalan.” Tandas pria bermelati dua ini.

Kegiatan Patroli Skala Besar ini berakhir dengan kembalinya rombongan di Mapolres Bima, Pukul 14.00 Wita, dengan aman dan tertib.

Diketahui, Patroli gabungan skala besar ini juga bertujuan untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat diwilayah hukum polres Bima serta menekan terjadinya berbagai tindak kejahatan yang meresahkan masyarakat sehingga tercipta situasi Kamtibmas yang kondusif.
“humas polres Bima”
(Global)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *