AKSI HEROIK BABINSA KORAMIL 1607-09 KECAMATAN UTAN KABUPATEN SUMBAWA

 351 total views

Sumbawa Besar NTB
Jalan lintas Tano Sumbawa besar di kilometer 52 dusun batu rea desa stowe brang kecamatan utan telah terjadi pohon tumbang dan menimpa satu truk fuso yang sedang melintas.
Di duga pohon kayu besar yang tumbang dan menimpa truk fuso tersebut karenakan batang pohonnya sudah lapuk sehingga tidak mampu bertahan apalagi beberapa hari sebelumnya di terjang angin kencang.

Read More

Nahas,truk fuso yang berwarna putih dengan nomor polisi B 9852 XO bermuatan sapi tersebut yang datangnya dari arah Sumbawa menuju ke arah pelabuhan tano saat melintas di kilometer 52 tepatnya di dusun batu rea desa stowe brang kecamatan utan, kayu yang berukuran besar langsung menimpanya. Beruntung dalam kejadian tersebut tidak ada korban jiwa, sopir maupun kernet serta satu orang penumpang terhindar dari kejadian nahas tersebut. Akibat dari kejadian tersebut terjadi kemacetan dan antrian kendaraan sepanjang kurang lebih 3 kilometer.

Anggota babinsa koramil 1607-09 setibanya di lokasi kejadian dan tanpa berpikir panjang, bersama masyarakat setempat langsung membantu menyelamatkan sopir dan menyingkirkan batang kayu besar yang sempat ikut terseret kurang lebih 12m dari lokasi tumbangnya kayu tersebut. Sementara menunggu datangnya tukang senso Batang/ranting kayu yang di potong menggunakan alat seadanya langsung di angkat ke tepi jalan. sementara batang kayu yang besar masih tetap menempel di atas kepala truk puso sambil menunggu datangnya tukang senso.

Tanpa ragu ragu Iksan anggota koramil 1607-09 berpangkat sersan mayor melanjutkan aksinya bersama tukang senso yang baru saja datang naik keatas batang kayu besar yang masih berada di atas kabin/kepala fuso untuk memindah batang kayu yang sudah di potong. Tidak hanya itu, sersan mayor masih tetap bersemangat kini bergeser ke posisi lain dan langsung menarik dan membuang semua batang atau ranting yang masih tersisa menimpa kabin fuso. Setelah selsai di lakukannya Sersan mayor langsung loncat karena batang kayu besar akan di tarik bersama warga agar truk fuso tersebut dapat bergerak dan bergeser ke pinggir jalan agar kendaraan lain dapat melintas sehingga kemacetan dapat terurai.

Setelah truk fuso dapat bergeser ke tepi jalan sersan mayor iksan yang merupakan babinsa desa tengah kecamatan utan langsung di temui media ini menurutnya hal ini sudah biasa dilakukan. Terlepas dari apa yang di sampaikan nya aksi yang dilakukannya mendapatkan pujian dari warga setempat.

Sementara itu beberapa anggota polsek utan yang berada di lokasi kejadian selain mengatur lalu lintas dan mengurai kemacetan juga tidak tinggal diam membantu membersihkan batang kayu yang menutupi jalan . Di tempat yang sama camat utan Syahruddin S. Sos bersama sekcam saat di konfirmasi oleh media mengatakan, melihat beberapa pohon yang menurutnya harus segera di tebang karena kondisinya yang di anggap menghawatirkan akan terjadi hal yang sama yaitu tumbang dan akan menimpa pengguna jalan tegasnya.Camat utan saat itu juga langsung berkoordinasi dengan balai jalan, PUPR Dinas LH dan PLN. Setelah terjadinya kesepakatan dalam koordinasi tersebut camat utan langsung memerintahkan merobohkan dua pohon besar yang di hawatirkan menimbulkan korban jiwa. (Aa).

.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *